Jumat, 13 Sep 2019 12:44 WIB

Mobil Langka Milik BJ Habibie, Harganya Rp 30 M?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Mercy Gullwing yang sempat diperlihatkan Zaskia Addya Mecca di akun YouTube The Bramantyos (oto: Youtube/The Bramantyos) Mobil Mercy Gullwing yang sempat diperlihatkan Zaskia Addya Mecca di akun YouTube The Bramantyos (oto: Youtube/The Bramantyos)
Jakarta -

[Gambas:Youtube]



Presiden Ketiga Indonesia, BJ Habibie, diketahui memiliki koleksi mobil antik. Salah satu mobil antiknya adalah Mercedes-Benz 300SL Gullwing.

Mobil itu terbilang langka. Bahkan, salah satu kolektor mobil antik bilang Gullwing seperti yang dimiliki Habibie adalah mobil yang berkelas.

"Oh iya Gullwing mobil langka dan berkelas," kata Jimmy Samsudin, kolektor mobil antik yang juga memiliki mobil bekas Presiden Sukarno hingga Soeharto saat ditanyakan detikcom, Jumat (13/9/2019).



Sepengetahuan Jimmy, tak banyak Mercedes-Benz 300SL Gullwing 1955 yang beredar di Indonesia. Lantas berapa harga mobil antik Mercedes-Benz 300SL Gullwing seperti milik Habibie? Benarkah tembus Rp 30 miliar?

"Iya, (Mercedes-Benz 300SL Gullwing 1955) asli bisa segitu (Rp 30 miliar)," sebut Jimmy yang juga aktif di Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) tersebut.

Mobil Mercedes-Benz 300 SL yang lebih muda umurnya dari mobil HabibieMobil Mercedes-Benz 300 SL yang lebih muda umurnya dari mobil Habibie Foto: AN Uyung Pramudiarja


Pada 2015 lalu sebuah Mercedes-Benz 300SL Gullwing pernah dilelang dan dilepas seharga US$ 1,9 juta atau Rp 26,5 miliaran. Harga tersebut tercatat sebagai penjualan tertinggi ketiga untuk model Gullwing.



Gullwing buatan tahun 1954 itu dijual dalam kondisi yang asli tanpa ada modifikasi dan tanpa cacat, sehingga harga jualnya semakin tinggi. Dalam 60 tahun perjalanan mobil tersebut hanya mencatat jarak 73.526 kilometer yang pernah ditempuh.

Sebelumnya Mercy Gullwing juga laku dijual dalam lelang yang dilakukan Barrett Jackson Collector Car pada 2012 seharga US$ 2,2 juta atau sekitar Rp 30 miliar.

Ditelusuri melalui laman jual beli mobil antik di Inggris, Classic Trader, harga Mercedes-Benz 300SL Gullwing bervariasi. Paling mahal, Mercedes-Benz 300SL Gullwing 1955 harganya 1.693.062 poundsterling atau setara Rp 29 miliaran.

Mercedes-Benz 300SL Gullwing merupakan salah satu mobil bersejarah. Mobil ini unik karena memiliki pintu gullwing yang kalau dibuka daun pintunya akan ke atas.

Mobil ini menggendong mesin jenis straight-six 3.000 cc berpendingin air. Performanya cukup ganas untuk mobil pada zamannya. Akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam cuma butuh waktu 9,3 detik sebelum menyentuh kecepatan tertinggi 235 km/jam.

Mobil Habibie di akun YouTube The Bramantyos

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com