Jumat, 13 Sep 2019 08:44 WIB

Hadirnya Esemka di Mata Toyota

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta - Mobil Esemka Bima akhirnya resmi meluncur pada Jumat 6 September 2019. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung prosesi peluncuran Esemka. Esemka adalah pemain baru di industri otomotif yang merupakan garapan lokal.

PT Toyota Astra-Motor selaku pabrikan raksasa otomotif menyebut kehadiran Esemka bisa menambah gairah pasar otomotif di Tanah Air.



"Pada prinsipnya kita senang market Indonesia dengan banyaknya pemain termasuk Esemka dan lain-lain pastinya membantu menggairahkan pasar juga, apa pun produk yang diluncurkan," ujar Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

"Memang di satu sisi kompetisi tapi kita merasa adanya produk baru juga akan menggairahkan pasar. Pada saat pasarnya berkembang Toyota juga akan hadir di situ juga," sambungnya.



Salah satu faktor yang bisa membuat Esemka survive adalah harga yang kompetitif dan kekuatan brand image dari produknya. Esemka pertama kali hadir lewat kendaraan niaga ringan Bima. Saat disinggung mengenai strategi tersebut, Anton enggan berkomentar lebih banyak.

"Saya tidak bisa komentar mengenai kompetitor, kalau strategi Toyota okelah saya bisa komentar. Tapi strategi Esemka mereka punya strategi sendiri," kata Anton.

Simak Video "Bima, Mobil Pertama Esemka Diluncurkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com