Sabtu, 07 Sep 2019 08:42 WIB

Bengkel Tahu Tanda-Tanda Truk Melanggar ODOL

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Krama Yudha Tiga Berlian Motors Foto: Krama Yudha Tiga Berlian Motors
Jakarta - Truk memang menjadi armada operasional yang penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Tak jarang demi mendapatkan potongan biaya operasional, pebisnis memaksakan kemampuan truk melebihi batasnya.

Dalam jangka pendek cara ini memang efektif, namun dalam jangka panjang akan menyebabkan kerugian. Untuk skala kecil bisa saja truk memerlukan penggantian komponen mahal, lebih besarnya truk yang melebihi batas Over Dimension Over Load (ODOL) berakhir kecelakaan fatal.





Para teknisi yang mengetahui praktik ini tentu tahu bagaimana jenis truk seperti itu. Sayangnya meski sudah diperingati ada saja yang menghiraulan batasan ODOL.

"Ketauan, karena kan dari umur spare partsnya akan ketauan. Jadi ada titik-titik tertentu, seperti baut roda, saftnya, remnya yang tidak sebagaimana mestinya. Tapi memang tidak mudah, ketika kondisi disini mobil itu overload atau tidak," ungkap After Sales Service Division Head Astra Isuzu, Heri Wasesa dalam Seremoni Penyerahan Dana Program Santunan Sopir di Astra Isuzu Head Office, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/9/2019).

Heri pun mengaku bahwa para pemegang merek truk memilimi tanggung jawab akan hal itu.

"Itu sebenarnya kita para produsen juga punya tanggung jawab agar itu tidak terjadi. Nah edukasi kita ke para pelanggan-pelanggan juga menjadi sesuatu yang penting," tambahnya.





Ia pun juga memahami alasan pengguna truk dengan segala kalkulasi bisnisnya. Hal itu menjadi salah satu tantangan para produsen untuk 'membujuk' pengguna truk agar peduli dengan perawatan dan keselamatan.

"Volume tonase dari sebuah mobil angkutan itu kan berkaitan dengan itungan si pemilik ketika dia berinvestasi mobil, ketika itungan awal dia ini mobil bisa ngangkut 30 ton misalnya, tapi dengan adanya ODOL lalu dia jadi cuma bisa 20 ton, sepertiga artinya menjadi loss kan. Nah itu agak susah, kami akui lebih susah mengedukasi konsumen soal ODOL ketimbang edukasi soal perawatan. Dan itu menjadi challenge buat kita, baik buat temen-temen di aftersales dan di sales," tukas Heri.

Simak Video "Ini Jadinya Jika Truk Angkut Beban Berlebih di Jalan Menanjak"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com