Jumat, 06 Sep 2019 20:56 WIB

Akhirnya Indonesia Punya Mobil Buatan Anak Bangsa Lagi

Dina Rayanti - detikOto
1
Halaman 1 dari 4
Foto: Istimewa (detikOto) Foto: Istimewa (detikOto)
Jakarta - Sudah lama masyarakat Indonesia memimpikan untuk memiliki mobil nasional merek nasional yang sepenuhnya diproduksi di dalam negeri. Pengembangan mobil nasional pun telah dilakukan sejak dulu.

Dalam catatan detikcom, ada 17 calon mobil nasional yang pernah dibangun anak-anak bangsa. Namun yang diproduksi massal, justru bisa dihitung jari. Bukan rahasia lagi kalau pasar otomotif Indonesia justru didominasi merek-merek Jepang. Tercatat ada Toyota, Daihatsu, Honda, dan sederet merek lain yang sudah puluhan tahun berkecimpung di pasar otomotif Indonesia.

Kembali ke mobil nasional, kiprah anak bangsa dalam menciptakan mobil merek lokal sudah dimulai sejak 1993 silam dimana mobil-mobil seperti Maleo lahir.

Proyek Maleo dimulai ketika pemerintah harus memiliki mobil nasional yang khas nusantara. Saat itu IPTN pun ditunjuk untuk mewujudkannya.

Bekerjasama dengan Rover, Inggris dan Millard Design Australia IPTN, mobil yang dibidani oleh Menristek BJ Habibie ini sukses membuat 11 rancangan mobil sampai tahun 1997. Namun sayangnya, proyek ini terbengkalai saat reformasi tiba. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com