Jumat, 06 Sep 2019 13:06 WIB

Tak Cuma Jokowi, Mobil Presiden Ini Juga Pernah Mogok

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil baru untuk Joko Widodo Foto: Andhika Akbarayansyah Mobil baru untuk Joko Widodo Foto: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Mobil kepresidenan Mercedes-Benz yang dipakai Joko Widodo (Jokowi) kembali mogok ketika digunakan di Kalimantan Barat. Mogoknya mobil Jokowi ini sudah sering terjadi.

Masalah mogoknya mobil kepresidenan tak cuma dialami oleh Jokowi. Dulu, mobil kepresidenan Amerika Serikat yang dipakai Barack Obama sempat mengalami masalah.



Hal itu terjadi saat kunjungan Obama ke Israel pada 2013 lalu. Memang Obama saat mobilnya mogok belum menunggangi mobil tersebut. Tapi, mogoknya mobil Obama membuat Secret Service sibuk mencari pengganti mobil saat kunjungan ke Israel.

Dikutip dari berbagai sumber, mobil Obama mogok karena kesalahan pengisian bahan bakar. Menurut keterangan resminya, mobil itu tidak berfungsi setelah sopirnya mengisi bahan bakar bensin, bukan diesel seperti yang dibutuhkan mobil berjuluk The Beast tersebut. Hingga akhirnya limusin presiden kedua dibawa untuk mengangkut Obama.

Sesuai prosedurnya, beberapa mobil resmi biasanya diterbangkan ke tempat tujuan Presiden Amerika Serikat berkunjung. Ada beberapa The Beast identik yang disiapkan untuk membawa Presiden Amerika Serikat berpergian.

Tak cuma mobil Obama, mobil kepresidenan yang mogok juga dialami oleh Presiden Kamerun, Paul Biya, pada 2016 lalu. Mogoknya mobil kepresidenan Biya terjadi ketika parade perayaan untuk memperingati Hari Nasional ke-44 Kamerun.



Mobil dengan atap terbuka itu diupayakan untuk dinyalakan kembali. Namun saat dinyalakan kembali mobil tak mau menyala. Presiden Kamerun itu kemudian tepaksa turun untuk naik limusin lain.

Video mogoknya mobil Presiden Kamerun itu juga tersebar di YouTube. Beberapa petugas keamanan terlihat berlari menghampiri mobil vintage berkelir hitam sebelum mendorongnya keluar dari lapangan parade.

Simak Video "Mengintip Mobil Dinas Presiden Sukarno, Buick Super Sedan 1949"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com