Jumat, 06 Sep 2019 10:13 WIB

Selain Resmikan Pabrik, Jokowi Bakal Lihat Mobil Pertama Esemka

Dina Rayanti - detikOto
Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal menghadiri peresmian perdana pabrik Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

Dari informasi yang diterima detikcom, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan Jokowi di pabrik Esemka. Jokowi tak hanya akan meresmikan pabrik, namun juga bakal menyaksikan langsung mobil pertama Esemka diluncurkan secara massal.


Jokowi juga dijadwalkan bakal menjajal mobil pertama Esemka yang selama ini sudah ditunggu-tunggu.

Sekadar informasi untuk mobil pertamanya, Esemka dikabarkan bakal merilis mobil pick-up Bima. Pick-up dipilih Esemka sebagai salah satu strategi agar bisa terus hidup di antara pabrikan Jepang juga China yang sudah hadir lebih dulu.

Deretan pick-up berjejer di pabrik EsemkaDeretan pick-up berjejer di pabrik Esemka Foto: Ragil Ajiyanto


"Jelas komersial dulu, kalau nggak kita nggak hidup dong. Passenger cars belum, kita masih dedicate kepada pick-up komersial," jelas Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya saat ditemui belum lama ini.

Eddy lebih lanjut mengatakan pick-up Esemka bakal menyasar daerah-daerah pinggiran. Tujuannya untuk membantu perekonomian warga di daerah pinggiran.

"Kami fokus pada pick-up, kenapa? Kami memfokuskan pada wilayah pinggiran dan bagaimana kami membangun ekonomi di sana. Kami harus belajar banyak untuk bisa bertahan, dan kami memilih market itu," imbuh Eddy.


Menawarkan pick-up bermesin 1.200cc dan 1.300cc, Esemka Bima tak sendirian. Para kompetitor pun telah menanti. Esemka Bima sudah ditunggu Daihatsu Gran Max pick-up, Suzuki Carry, Tata Super Ace, juga DFSK Super Cab.

Esemka diketahui memiliki beberapa model yang akan masuk di pasar Indonesia. Namun kata Eddy dirinya lebih memilih fokus untuk menjual serta mengembangkan pick-up di Indonesia.

Simak Video "Jelang DWP, Yaris Gelar Event Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com