Jumat, 06 Sep 2019 09:06 WIB

Round-Up

Mobil Dinas Jokowi Mogok Lagi

Dina Rayanti - detikOto
1
Halaman 1 dari 2
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Presiden Joko Widodo harus beralih menggunakan mobil cadangan ketika melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat. Hal itu dilakukan lantaran mobil kepresidenan Jokowi mogok karena mengalami kerusakan mesin.

Jokowi pun tak ambil pusing ketika harus berpindah dari Mercedes-Benz S 600 Guard ke Toyota Alphard. Jokowi menyebut sudah lebih dari 10 kali mobilnya mogok saat sedang melakukan kunjungan kerja. Belum lama ini, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga sempat mengatakan kerusakan di mobil dinas Jokowi sudah 'komplikasi. Masalahnya tak hanya mesin, namun juga kelistrikannya.

"Dari pihak pabrikannya sudah berkali-kali memberitahu, memberi nasehat kalau terjadi sesuatu, sulit diperbaiki," ujar Heru beberapa waktu lalu.

Mobil yang ditunggangi Jokowi memang warisan dari presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil ini sudah menemani para presiden selama kurun waktu 10 tahun.


"Sudah wajarlah mobil sudah lebih dari 10 tahun. Umur elektronik dan suku cadangnya sudah tidak bisa dipertanggungjawabkan," jelasnya lagi.

Jokowi naik Alphard setelah mobil kepresidenannya mogokJokowi naik Alphard setelah mobil kepresidenannya mogok Foto: Mobil Alphard yang dipakai Jokowi setelah mobil utama kepresidenan mogok (Andhika Prasetia/detikcom)


Heru menuturkan, kerusakan yang ada di dalam mobil Jokowi cukup parah, apalagi untuk sekelas kendaraan dinas presiden sehingga harus segera diganti.

"Ya kan berkali-kali, power windownya nggak jalan, elektriknya nggak jalan, lantas pernah semua sound sistem di dalam mobil bunyi. Radio semua bunyi kan nggak nyaman, kira-kira begitu. Kalau mau dimatikan, harus dimatikan dulu kan. Kira-kira seperti itu," ungkap Heru.

"Dan pernah ada indikator, kalau mobil modern kan, warna kuning merah, semua indikator hidup. Ya kan berarti nggak boleh dipakai," jelasnya lagi. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com