Rabu, 04 Sep 2019 15:07 WIB

Calya Baru Mirip Avanza Buat Hadang Triber?

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Calya wajah lama. Foto: Dadan Kuswaraharja Toyota Calya wajah lama. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Toyota dalam waktu dekat bakal meluncurkan Calya model terbaru. Toyota pun sudah mengakui bakal merilis Calya dengan tampilan terbaru.

Ini merupakan kali pertama Calya dipermak sejak pertama kali meluncur pada Agustus 2016. Belum diketahui perubahan di dalam Calya terbaru ini. Yang jelas jika melihat dari foto yang beredar luas di dunia maya, Calya kini telah mengusung lampu LED. Grille depan juga berubah.


Sejak kehadirannya di Indonesia, Calya tak punya banyak pesaing. Selain kembarannya Daihatsu Sigra, Calya harus berhadapan dengan Datsun Go+. Sedangkan sisanya, tak ada lagi produsen mobil yang memiliki mobil Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang. Kebanyakan LCGC hanya mampu memuat lima orang.

Kini Calya-Sigra punya penantang baru sejak merek Eropa Renault merilis Triber. Triber diklaim Renault punya banderol harga murah dan bisa memuat tujuh orang di dalamnya. Meski telah meluncur di Indonesia, Renault sampai sekarang masih merahasiakan harga Triber.

Namun sebagai gambaran, di India Triber dibanderol mulai 495 ribu rupee atau setara dengan Rp 98,3 jutaan untuk varian terendahnya. Sedangkan untuk varian tertinggi, harganya tak sampai Rp 150 juta, tepatnya 649 ribu rupee yang kalau dirupiahkan setara Rp 129 jutaan.

Lantas apakah Calya terbaru ini sengaja dibawa Toyota untuk mengadang Triber? Sayangnya pihak Toyota masih ogah memberikan komentarnya terkait hal tersebut karena Calya terbaru memang belum meluncur.

"Komentar lebih lanjut soal Calya nanti ya saat press gathering," ujar Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi detikcom, Rabu (4/9/2019).


Sementara Renault dengan percaya diri menyebut Triber akan 'menghajar' 4 segmen mobil sekaligus. Mulai LCGC 5-Seater, LCGC 7-Seater, low MPV, dan Hatchback.

Mobil-mobil di segmen LCGC memang dalam dua tahun belakangan tengah mengalami penurunan penjualan. Dengan adanya model baru tentu bisa menjadi stimulan di tengah loyonya pasar LCGC.

Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com