Banyak Daerah Tambang di Ibu Kota Baru, Mobil Apa yang Terlaris?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 29 Agu 2019 14:15 WIB
Mobil di jalanan Kalimantan Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Model mobil Low MPV masih menjadi incaran orang Indonesia. Mobil Low MPV tak hanya laris manis di Pulau Jawa saja, mobil jenis ini juga digemari masyarakat di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur. Meski sebagian besar daerah di Kalimantan merupakan kawasan perkebunan dan pertambangan, hal itu tak mengurangi masyarakatnya untuk membeli mobil jenis Low MPV.

"Saya terus terang belum dapat data in detail model apa aja, tapi rasanya nggak jauh dengan model nasional seperti Avanza, Calya, Innova seperti itu," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy di Jakarta.

Avanza Masih Jadi yang Terlaris di Ibu Kota BaruFoto: Toyota



Selain ketiga jenis MPV tadi, SUV juga banyak diincar untuk menunjang transportasi di perusahaan tambang.

"Nggak, nggak (Fortuner lebih laris). Kita bicara Kalimantan Timur itu kan cukup banyak kota besar ya, jadi nggak cuma pertambangan ya di sana ada Balikpapan, Samarinda, kota perdagangan tetap kebutuhan untuk mobil penumpang. Walaupun boleh kita katakan komposisi commercial vehicle di sana cukup tinggi ya dengan di Jawa ya," kata Anton.

Penjualan mobil di daerah Kalimantan pun diakui Toyota cukup moncer. Meskipun banyak juga yang menyebut harga mobil di Kalimantan bisa berselisih hingga Rp 50 jutaan dengan di Pulau Jawa.


"2018 itu rata-rata penjualannya di Kaltim ya 520 unit per bulan ya, ini Toyota ya jadi totalnya full year 6.245 unit. 2019 sampai Juli kita sudah menjual 3.330 jadi rata-ratanya 476 unit. Kaltim saja, jadi cabang-cabang kita yang ada di Kaltim," pungkas Anton.

Simak Video "#ToyotaDigitalLaunch Total Mobility Solution"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)