Kamis, 29 Agu 2019 12:47 WIB

Tak Ada Permintaan Khusus di Mobil Menteri Jokowi

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Crown untuk menteri. Foto: Toyota Toyota Crown untuk menteri. Foto: Toyota
Jakarta - Toyota Crown 2.5 HV G-Executive akan menemani menteri-menteri di bawah kepemimpinan presiden Joko Widodo ketika pergi berdinas. 101 mobil dinas baru itu bakal disediakan oleh PT Astra International Tbk-TSO (Toyota Sales Operation) yang diketahui memenangi tender pengadaan kendaraan dinas menteri dan pejabat setingkat.

Meski diperuntukkan bagi para menteri, diakui Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy tak ada hal spesial di dalam Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Yang jelas Toyota diminta untuk menyediakan beberapa aksesoris untuk menjadi penanda kendaraan dinas menteri itu.


"Normal-normal aja sih. Tipe yang kita masukin di Jepang dijual normal juga sih bukan tipe khusus. Nggak ada yang khusus sih, yang umum-umum aja kayak kaca film, tiang bendera untuk bendera Indonesia, tempat pelat nomor, karena pelat nomornya ada tiga kalau nggak salah," jelas Anton saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta.

Saat ini pihaknya masih terus menyiapkan 101 unit Toyota Crown model terbaru itu agar nantinya siap dipakai ketika para menteri telah dilantik. Mobil yang digunakan para menteri termasuk dalam jejeran kendaraan listrik karena tenaganya hybrid. Namun mobil bukan bertenaga listrik sepenuhnya, melainkan mengkombinasikan motor listrik dengan mesin bensin.


Mobil juga tak diperuntukkan bagi masyarakat umum. Bila ada yang berminat pun, Toyota tak menyediakannya.

"Ya kita harus say sorry karena memang produk ini kita masukin Indonesia bukan untuk konsumen umum dan ritel," tutupnya.

Simak Video "Selain Jokowi, Para Menteri Jokowi Bakal Dapat Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com