Rabu, 28 Agu 2019 18:27 WIB

Penjualan All New Ertiga Naik Berkat Peran Para Ibu

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang dimasuki Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dkk, memang semakin sesak dengan hadirnya para pemain baru. Meski demikian Suzuki pastikan All New Ertiga masih memiliki kharisma yang kerap dipilih pencinta LMPV.

Hal ini diibuktikan dengan penjualan All New Ertiga yang masih menunjukkan tren positif. Bahkan ini juga ada pengaruhnya dari para ibu yang kini kerap ikut berperan dalam menentukan pembelian kendaraan. Seperti yang disampaikan Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, di Cirebon.



"Ada satu hal menarik pada segmen LMPV, dulu kalau LMPV itu yang paling laku versi tengah dan bawah, tapi 3 tahun belakangan justru yang LMPV yang paling atas yang paling dipilih. Kayanya ada pergeseran dari segmen ini. Ini karena total revenue (kelebihan yang di dapat konsumen-red), dan ini ada peran suami-istri dalam pengambilan keputusan. Laki-laki biasanya mengambil keputusan secara logis dan perempuan ada emosional-nya. Dan di sini, ada feeling sosial status mereka memilih model yang tinggi," kata Donny.

IlustrasiIlustrasi All New Ertiga Foto: Dadan KW


"Ini karena istrinya kerja, keterlibatan perempuan memilih produk menjadi lebih tinggi. Waktu itu kami cek, apakah pembelian mobil LMPV itu karena stasus sosial? Dan 80 persen jawabannya iya. Jadi masih banyak yang membeli karena merek (memilih All New Ertiga-Red)," tambah Donny.



Hal ini juga yang membuat penjualan All New Ertiga, mengalami peningkatan penjualan dibandingkan tahun lalu.

"Kita dibandingkan tahun lalu, periode Januari-Juni All New Ertiga naik 38 persen. Padahal All New Ertiga Sport baru kita perkenalkan pada Maret 2019, itu sudah mendongkrak penjualan 350 unit per bulan," kata Donny.

Simak Video "Adu Ganteng Mobil Modifikasi IAM di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com