Selasa, 27 Agu 2019 18:31 WIB

Toyota Sambut Ibu Kota Baru Indonesia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Logo Toyota di pelek mobil Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ibu kota akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan. Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi ibu kota baru Indonesia.

Produsen mobil menyikapi positip pemindahan ibu kota. "Pada dasarnya Toyota akan selalu siap mendukung rencana pemerintah. Saat menentukan kebijakan pasti pemerintah telah memikirkan secara matang dampak yang akan dihasilkan dari kebijakan tersebut. Melihat reason yang dijelaskan oleh pemerintah untuk membantu mengurangi beban Pulau Jawa yang saat ini menjadi pusat segala kegiatan baik dari sisi bisnis maupun pemerintahan, maka kami melihat ini sebagai suatu rencana yang positif," ujar Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta, Selasa (27/8/2019).



Kalimantan, khususnya Kaltim memang belum berkontribusi banyak pada penjualan mobil. Secara penjualan nasional di tahun 2019 ini, Kalimantan Timur berkontribusi sekitar 2% terhadap total penjualan nasional sementara Kalimantan berkontribusi sekitar 5,4% terhadap total penjualan nasional Toyota. Toyota saja sudah memiliki 7 outlet Toyota di Kalimantan Timur. Dengan berpindahnya ibu kota, Toyota memprediksi akan terjadi kenaikan permintaan mobil di sana.

"Dengan berpindahnya ibukota tentu ada aktivitas mobilitas yang juga turut berpindah, yang bisa berdampak pada peningkatan penjualan di Kalimantan. Tapi proporsi meningkatnya sebesar apa, itu yang perlu dipelajari. Basic-nya kami di Toyota pasti akan terus berusaha memenuhi demand dari masyarakat. Jika nantinya kebutuhan masyarakat disana meningkat, tentu akan kami penuhi," ujarnya.

Kemungkinan akan mobilitas yang akan berubah dengan berpindahnya ibu kota tentu saja ada. Namun untuk menambah jaringan di Toyota didasari oleh banyak faktor, salah satunya adalah jumlah marketnya baik dari sisi pembelian ataupun sisi perawatan.

"Maka apabila rencana pemindahan ini sudah berjalan dan seiring hal tersebut juga dibarengi dengan semakin besarnya kebutuhan market yang lebih besar di kalimantan, tentu hal tersebut akan masuk ke dalam studi kami untuk menambah jaringan agar bisa melayani customers dengan baik sebagai bagian dari spirit beyond service Toyota," tutupnya.

Simak Video "Perhatikan! Ada Lambang Tersembunyi di Logo-logo Terkenal Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com