Daihatsu Club Auto Clinic Berbagi Tips Berkendara Nyaman & Aman

Isabelle Carinna Dewi - detikOto
Senin, 26 Agu 2019 17:40 WIB
Foto: dok Daihatsu
Jakarta - Daihatsu menggelar Auto Clinic bertema Anticipated Driving Program di kota Semarang. Bekerja sama dengan GT Radial, Daihatsu Club Auto Clinic dihadiri lebih dari 50 anggota dari 17 Klub Daihatsu di Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Acaranya sangat bagus, kami banyak mendapatkan pengetahuan baru tentang skill berkendara. Cara berkendara yang selama ini kita anggap nyaman, ternyata belum tentu aman. Terima kasih untuk Daihatsu, yang sudah menggelar acara ini sampai ke daerah-daerah, sehingga kami yang tinggal di luar Jakarta pun bisa merasakan pengalaman training yang bagus seperti ini," ujar Ketua Umum Daihatsu Ayla Indonesia (DAI) Adhitia Bramantha, Senin (26/8/2019)


Batch keempat ini dibuka oleh Kepala Wilayah Jawa Tengah dan DIY, PT Astra International - Daihatsu Sales Operation Edy Susanto.

"Kami berharap acara ini menjadi awal silaturahmi dan sinergi antara outlet-outlet Astra Daihatsu di wilayah Jawa Tengah dan DIY Bersama komunitas pengguna mobil Daihatsu," ujar Edy dalam keterangan tertulis, Senin (26/8/2019).

Anticipated Driving Program adalah pelatihan bersertifikat yang terdiri dari 2 sesi, yaitu In Class Training dan Practical Test. Training dibawakan oleh Sony Susmana, praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Para peserta menyerukan komitmennya untuk menjadi safety driver, yaitu dengan selalu mengenakan seat belt dan menjaga kecepatan saat berkendara.

"Sangat penting untuk tidak menjadi pemicu, penyebab, dan terlibat dalam kecelakaanm," ungkap Sony.


Dalam sesi In Class, peserta diajak untuk mengenali mobil dan kendaraan secara umum, seperti fungsi dan penggunaan rem, penggunaan ban, hingga fitur keselamatan. Informasi ini diperlukan agar peserta mengetahui karakter kendaraannya masing-masing, sehingga aman saat berkendara dan dapat meminimalisir potensi kecelakaan di jalan raya.

Selain Sesi In Class, peserta juga diajak untuk melakukan Judgement Ability Test pada sesi praktek. Di sesi ini peserta belajar tentang teknik pengereman, melatih konsentrasi saat berkendara, serta bagaimana cara mengambil keputusan jika mengalami kondisi yang tidak diinginkan saat berada di jalan raya.

Simak Video "Meski Lebih Canggih-Irit, Mesin Daihatsu Rocky Tak Diplot Untuk Ayla"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ddn)