Jumat, 23 Agu 2019 10:05 WIB

Menteri Inggris Berkomitmen Pakai Mobil Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil menteri Foto: Hasan Habshy Mobil menteri Foto: Hasan Habshy
London - Menteri di Indonesia dikabarkan akan menerima mobil dinas baru. Pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 152.540.300.000 untuk penyediaan kendaraan baru para menteri. Belum diketahui mobil apa yang akan dipakai menteri.

Bicara mobil menteri, pemerintah Inggris mulai komitmen menggunakan mobil dinas bertenaga listrik. Dilansir driving.co.uk, pemerintah Inggris berjanji untuk memberikan contoh penggunaan kendaraan ramah lingkungan demi mengurangi emisi gas buang.



Departemen Transportasi (DfT) Inggris mengatakan akan menghapus semua mobil bensin dan diesel dari armada kendaraan Layanan Mobil Pemerintah atau Government Car Service pada 2030. Sejak saat itu dan seterusnya, mobil dinas pemerintah akan menggunakan mobil listrik murni.

Saat ini sekitar 90 mobil dioperasikan untuk Layanan Mobil Pemerintah. Diklaim, hanya 23% di antaranya yang menggunakan mobil listrik. Pada 2022, DfT berharap setidaknya satu dari empat kendaraan adalah mobil listrik murni.



Komitmen penggunaan mobil listrik ini sempat dilayangkan oleh Perdana Menteri Inggris sebelumnya, Theresa May. Saat kepemimpinan Theresa May, Inggris berkomitmen untuk memangkas emisi gas rumah kaca hingga bersih pada 2050.

Nah kalau di Indonesia, apakah sudah saatnya menteri pakai mobil listrik?

Simak Video "Media Inggris Sebut Boris Johnson Jabat Perdana Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com