Jumat, 23 Agu 2019 09:52 WIB

Mitsubishi Outlander PHEV Dapat Lima Bintang saat Diuji Tabrak

Rizki Pratama - detikOto
Mitsubishi Outlander PHEV diuji tabrak. Foto: ASEAN NCAP Mitsubishi Outlander PHEV diuji tabrak. Foto: ASEAN NCAP
Jakarta - Mobil listrik Mitsubishi Outlander PHEV telah melakukan uji tabrak untuk pasar kawasan Asia Tenggara khususnya untuk spesifikasi Indonesia. Uji tabrak yang dilaksanakan oleh New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) itu menghasilkan nilai sempurna untuk Outlander PHEV, yaitu lima bintang.

Seperti biasa penilaian dampak kecelakaan ini dibagi menjadi 3 kategori utama, yaitu dampak kecelakaan untuk penumpang dewasa, dampak kecelakaan untuk anak-anak, dan fitur-fitur keselamatan yang disematkan.


Untuk dampak kecelakaan pada orang dewasa Outlander PHEV meraih poin 32,72 yang terbagi atas dampak tabrakan dari depan, samping dan perlindungan kepala. Pada tabrakan depan mendapat nilai 12,72 dari maksimal 16, tabrak samping mendapat perlindungan sempurna dengan angka 16, serta perlindung kepala yang baik di angka sempurna 4.

Angka tersebut menunjukkan kompartemen penumpang saat terjadi tabrakan dari depan tetap stabil. Melalui tes oleh dummy menunjukkan bahwa baik pengemudi maupun penumpang dapat meminimalisir fatalitas. Sementara itu untuk tabrakan samping bagian pinggang sampai kepala penumpang dapat perlindungan yang baik.

Foto: Rangga Rahadiansyah


Sementara itu penumpang anak-anak pada mobil ini juga mendapatkan perlindungan baik. Nilai yang didapat dari kategori ini adalah 41,81. Raihan itu berasal dari Dynamic Test dengan angka 23,46, Vehicle Based 7, dan Installation 11,35. Tak jauh beda dengan penumpang dewasa, penumpang anak-anak juga mendapatkan proteksi sempurna saat Outlander PHEV mengalami kecelakaan baik dari samping dan depan.

Selanjutnya dari sisi keselamatan mobil ini telah dibanjiri berbagai fitur. Mulai dari tujuh airbag, seatbelt, ABS (Anti-lock Braking System), ESC (Electronic Stability Control), peringatan seatbelt, teknologi blindspot, AEB (Auto Emergency Braking), dan Forward Collision Warning System.


Lembaga uji tabrak itu menyimpulkan bahwa Outlander PHEV adalah kendaraan dengan jenis pertama yang diuji tabrak di Asia Tenggara. Mobil ini pula menjadi mobil ke-7 Mitsubishi yang telah diuji langsung oleh ASEAN NCAP. Outlander PHEV dianggap telah memberikan performa baik di tiga penilaian utama yang dilakukan.

Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto


Mitsubishi juga telah membuat peningkatan yang signifikan pada model SUV dengan ketersediaan beberapa sistem keamanan pendukung. Khususnya penyematan Blind Spot yang selaras dengan misi ASEAN NCAP untuk meminimalisir tabrakan dengan sepeda motor.

Simak Video "Menjajal Outlander PHEV, Mobil Ramah Lingkungan Mitsubishi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com