Kamis, 22 Agu 2019 16:40 WIB

Toyota Crown Terbaru Cocok Jadi Mobil Menteri?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Crown. Foto: Toyota Toyota Crown. Foto: Toyota
Jakarta - Menteri pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebutkan akan mendapat mobil dinas baru. Jadi selain Presiden dan Wakil Presiden RI, menterinya juga akan mendapat mobil baru.

Tercatat dalam situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan, menteri negara/pejabat setingkat menteri akan mendapatkan mobil baru. Anggaran APBN 2019 sebesar Rp 152.540.300.000 disiapkan untuk penyediaan mobil menteri. Ada 41 peserta yang mengikuti lelang untuk pengadaan barang bagi para menteri Jokowi.

Sedangkan yang dinyatakan sebagai pemenang adalah PT Astra International TBK-TSO (Toyota Sales Operation) dengan harga penawaran Rp 147.229.317.000. Sepertinya menteri Jokowi akan dikasih mobil dinas merek Toyota lagi. Belum diketahui mobil Toyota apa yang akan dijadikan mobil menteri.



Diketahui, sejak zaman kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menterinya menggunakan mobil Toyota. Saat itu, terpilih sedan Toyota Camry untuk menjadi mobil dinas para menteri. Namun, Camry kemudian diganti oleh Toyota Crown Royal Saloon G. Toyota Crown Royal Saloon G merupakan salah satu sedan mewah setingkat di atas Camry.

Di Jepang, Toyota Crown telah mendapat pembaruan. Tak menutup kemungkinan juga mobil menteri akan menggunakan Toyota Crown terbaru.

Toyota Crown Terbaru Cocok Jadi Mobil Menteri?Foto: Toyota


Toyota Crown terbaru itu meluncur di Jepang pada Juni 2018 lalu. Ada beberapa pilihan mesin pada Toyota Crown, yaitu 2.5 liter dengan teknologi Dynamic Force Engine Hybrid System, 3.5 liter V6 dengan teknologi Multi-stage Hybrid System, dan mesin 2.0 liter turbo.



Crown dengan mesin 2.5 liter memiliki efisiensi bahan bakar hingga 24 km/lliter. Sementara Toyota Crown 3.5 liter V6 hybrid lebih mengedepankan performa maksimal. Sedangkan Crown 2.0 liter turbo mampu memberikan respons terbaik di rpm rendah dan torsi tingginya merata di seluruh rentang putaran mesin.

Toyota Crown Terbaru Cocok Jadi Mobil Menteri?Foto: Toyota


Dalam memilih mobil untuk menteri, pemerintah memang tak sembarangan. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 577/KM.6/2017 tentang Modul Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Negara untuk Penyesuaian Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara Berupa Alat Angkutan Darat Bermotor Dinas Operasional Jabatan di Dalam Negeri, pejabat negara sekelas menteri mendapat jatah maksimal dua unit mobil. Standar mobil yang pas buat menteri dan yang setingkat yaitu sedan bermesin 3.500 cc enam silinder atau SUV 3.500 cc enam silinder.

Dari ketentuan itu, bisa saja menteri nantinya diberikan Toyota Crown terbaru.

Simak Video "Selain Jokowi, Para Menteri Jokowi Bakal Dapat Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com