Rabu, 21 Agu 2019 13:33 WIB

Jokowi Bakal Naik Mobil Jerman, Menterinya Dapat Mobil Apa ya?

Dina Rayanti - detikOto
Mobil menteri Jokowi era 2014-2019. Foto: Hasan Habshy
Jakarta - Menteri-menteri di bawah Presiden Joko Widodo bakal mendapat mobil dinas baru. Sesuai informasi yang dikutip dari situs Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan, anggaran APBN 2019 sebesar Rp 152.540.300.000 telah disiapkan untuk penyediaan mobil menteri-menteri masa jabatan 2019-2024.

Kalau Jokowi diketahui bakal menunggangi mobil baru asal Jerman, belum diketahui kendaraan jenis apa yang akan menemani menteri Jokowi ketika bertugas nantinya. Yang jelas dari 41 peserta lelang, ada empat perusahaan dinyatakan lolos administrasi dan juga teknis.


Keempat perusahaan tersebut adalah PT Astra International TBK TSO, PT Hadji Kalla, PT New Ratna Motor, dan PT Agung Automall. Jika ditelisik, keempat perusahaan tersebut berada di bawah payung PT Toyota Astra Motor.

Misalnya PT. Hadji Kalla merupakan salah satu dari founder dealer Toyota di Indonesia yang telah berdiri sejak 1969. PT. Hadji Kalla juga merupakan perusahaan milik keluarga wakil presiden Jusuf Kalla yang memiliki jaringan terluas tersebar di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Kemudian ada juga PT New Ratna Motor lewat Nasmoco Group yang juga menaungi merek-merek mobil Toyota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lalu PT. Agung Automall yang juga merupakan main diler resmi Toyota di wilayah Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, dan Bali.

Namun terpilih menjadi pemenang lelang adalah PT Astra International TBK TSO dengan nilai penawaran sebesar Rp 147.229.317.000. PT Astra International TBK TSO juga diketahui menaungi PT Toyota Astra Motor bersama dengan Toyota Motor Corporation.

Bisa jadi mobil menteri baru Jokowi nantinya menggunakan merek Toyota. Pihak Toyota hingga saat ini masih ogah memberikan komentarnya.


Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto belum membalas pesan singkat yang dilayangkan detikcom. Begitu juga dengan anak buahnya, masih belum mau berkomentar.

"Untuk hal ini saya nggak bisa komentar dulu ya, mungkin baiknya dicek ke instansi pemerintah terkait," jelas Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy ketika dikonfirmasi detikcom, Rabu (21/8/2019).

Pihak pemerintah yakni Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara Piping Supriatna saat dikontak pun mengaku tidak bisa memberikan komentarnya karena sedang melaksanakan ibadah haji.


Tonton juga video oto lainnya soal puluhan fitur baru X-Trail 2019 berikut ini:

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com