Rabu, 21 Agu 2019 10:24 WIB

Cerita Mobil Dinas Sukarno yang Pernah Ditawar Pakai Cek Kosong

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dok. Laurent Setjodiningrat Foto: Dok. Laurent Setjodiningrat
Jakarta - Mobil klasik dengan nilai sejarah yang kuat biasanya akan menjadi buruan utama kolektor otomotif. Tak terkecuali mobil dinas Presiden pertama RI, Sukarno. Mobil dinas Bung Karno dengan merek Chrysler Imperial pernah ditawar kolektor luar negeri dengan selembar cek kosong.

"Mobil RI 1 yang saya miliki pernah ditawar oleh satu museum, Blackhawk namanya, di Amerika Serikat. Kita dikasih cek kosong, kita disuruh ngisi sendiri angkanya, tapi kita nggak mau," kata Laurent Setjodiningrat, ditemui detikcom, di Jakarta Selatan.

Cerita Mobil Dinas Sukarno yang Pernah Ditawar Pakai Cek KosongFoto: Dok. Laurent Setjodiningrat


Laurent menjelaskan Chrysel Imperial dengan kelir merah marun tersebut diburu oleh sang pemilik museum karena nilai sejarahnya, pernah menjadi tunggangan RI 1.



"Alasan mereka memburu itu karena historinya, jadi Blackhawk itu kan ownernya bikin museum dan itu untuk mobil-mobil bekas Kepala Negara. Nah dia ngincar satu yang punya Indonesia. Dia mau kumpulin dan buat dipajang doang. Cuma kita memang nggak mau lepas Chrysler Imperial itu," jelas Laurent, yang juga pengelola Hawke's Auto Gallery.

Cerita Mobil Dinas Sukarno yang Pernah Ditawar Pakai Cek KosongFoto: Dok. Laurent Setjodiningrat


Chrysler Imperial sendiri jadi salah satu mobil Amerika Serikat yang pernah menjadi kendaraan operasional Sukarno. Mobil ini bertenagakan mesin 6.308 cc, 8 silinder, dengan output tenaga hingga 135 dk, yang disalurkan melalui transmisi 4 percepatan manual.


Cerita Mobil Dinas Sukarno yang Pernah Ditawar Pakai Cek KosongFoto: Dok. Laurent Setjodiningrat


Mobil ini masih menggunakan setir kiri dan menjadi salah satu mobil dinas Bung Karno paling mewah di zamannya. Ada beberapa kelengkapan dan fitur yang bikin mobil ini jadi tampak lebih istimewa. Antara lain atap convertible dan tersedianya cool box di depan kursi baris kedua.

Untuk informasi, selain Chrysler Imperial, masih ada beberapa mobil dinas lain yang menjadi tunggangan dinas Presiden Sukarno, yakni Buick Super 1949, ZIL Limo, Chrysler Windsor, Cadillac Series 70, dan Lincoln Continental.

Simak Video "Mengintip Mobil Dinas Presiden Sukarno, Buick Super Sedan 1949"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com