Jumat, 16 Agu 2019 16:38 WIB

Rahasia Honda Bisa Ekspor Banyak Mobil ke Luar Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: honda Foto: honda
Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) jadi salah satu pabrikan yang mengekspor mobil ke luar Indonesia. Selama paruh pertama 2019 (April-Juni), HPM sukses mengapalkan 3.691 unit mobil ke luar negeri.

Sementara untuk ekspor komponen CKD, sepanjang 2019 HPM sudah mengekspor komponen dengan meraup total nilai Rp 4 triliun dan Rp 1,2 triliun untuk ekspor CBU. HPM memiliki 11 negara tujuan ekspor komponen dan 2 negara tujuan ekspor CBU.

Dijelaskan Director Business Innovation and Sales & Marketing HPM Yusak Billy, ada beberapa faktor yang membuat angka ekspor mobil-mobil buatan Honda tinggi.



"Kita (ekspor-Red) ada 11 negara 12 model ya. Jadi dari awal, stimulusnya pemerintah, kita komit dengan aturan itu dan ada mandatori lokalisasi, kita ikuti semua," kata Yusak, di Kementerian Perindustrian, belum lama ini.

Faktor lainnya yang turut memberi pengaruh adalah berkat adanya pengembangan produk baru melalui satu platform. Seperti diketahui, HPM bisa mengembangkan model low MPV dan low SUV dari satu basis mobil.

"Volume berkembang, model baru kita kembangkan, kita kembangkan ke Mobilio dan BR-V dengan platform yang sama, volume besar competitiveness (daya saing) jadi lebih baik. Base on ini, kita bisa lakukan ekspor ke mana-mana," terang Yusak.



HPM sendiri berencana untuk terus meningkatkan ekspor CBU dan komponen ke negara-negara Asia Pasifik dan secara global. HPM sendiri diklaim menempati peringkat bisnis nomor satu di ASEAN dan peringkat enam di dunia bagi Honda Global.

Simak Video "Honda Mejeng di EICMA, Pamerkan Motor Teranyarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com