Jumat, 16 Agu 2019 12:03 WIB

Akhir 2020 Penerapan B50, Ini Langkah Mitsubishi

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Logo Mitsubishi Foto: Ari Saputra Ilustrasi Logo Mitsubishi Foto: Ari Saputra
Tangerang - Pemerintah terus mendorong penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan di produk otomotif. Setelah melaksanakan program mandatori biodiesel 20% (B20), kini juga akan dilaksanakan program B30 dan menyusul B50.

Menanggapi hal itu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku siap mendukung pemerintah untuk melaksanakan program tersebut. Mobil-mobil diesel buatan Mitsubishi pun diklaim sudah menyesuaikan dengan B20 dan sedang melakukan uji coba untuk bahan bakar B30.



"Jadi sekarang B20, Mitsubishi Motors sudah melakukan dengan produknya dan sedang support pemerintah untuk tes B30 dengan menyediakan unit Pajero Sport untuk road test," kata President Director MMKSI Naoya Nakamura, di Tangerang belum lama ini.

Lanjut Nakamura, pihak Mitsubishi akan mengikuti peraturan pemerintah terkait program mandatori B50. "Baru dengar juga untuk B50 dan apabila memang itu akan menjadi keputusan pemerintah Indonesia, kami MMC dan MMKSI tentunya akan mempersiapkan semua kesiapan yang dibutuhkan untuk bisnis," terang Nakamura.



Sebelumnya, dalam lanjutan rapat terbatas (ratas) bersama beberapa menteri kabinet kerja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas mengenai evaluasi pelaksanaan program mandatori biodiesel 20% (B20).

Dalam pembukaan ratas, Jokowi bilang bahwa pada Januari 2020 pelaksanaan program biodiesel sudah mencapai 30% dan akhir tahun depan meningkat lagi menjadi 50% atau B50.

"Saya juga ingin agar B20 ini nanti pada Januari 2020 itu sudah pindah ke B30, dan selanjutnya di akhir 2020 sudah meloncat lagi ke B50," kata Jokowi di kantor Presiden, Jakarta.

Simak Video "Tung, Truntung, Tung! Komunitas Mobil Truntung Resmi Berdiri"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com