Jumat, 16 Agu 2019 10:52 WIB

Mitsubishi Bicara Soal Kerjasama Mobil Listrik dengan Nissan

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Renault Foto: Renault
Tangerang - Mitsubishi dikabarkan akan menjalin kerjasama dengan Nissan untuk membuat mobil listrik di Indonesia. Detailnya memang belum diketahui pasti, namun mekanismenya diperkirakan hampir mirip saat Mitsubishi dan Nissan kerja sama membuat dua produk dari platform yang sama, Xpander dan New Livina.



"Nissan kemarin mencoba awalnya memperkenalkan (Leaf-Red). karena Nissan sudah banyak punya produk kendaraan listrik dan itu share pasar sudah besar. Dan Mitsubishi kan juga sekarang menggunakan fasilitasnya untuk produksi engine (Nissan Livina-Red)," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, belum lama ini.

Nissan LeafNissan Leaf Foto: Istimewa/Nissan


Menanggapi isu tersebut, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum ingin membicarakannya lebih lanjut.



"Kalau itu sorry, karena itu topik manufaktur, topik aliansi Nissan, domainnya prinsipal. Jadi kalau kami MMKSI sebagai distributor, nggak bisa sampai ke situ. No comment," kata Director of Sales Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro, di Pagedangan, Tangerang.

Lanjut Irwan, membicarakan mobil listrik apalagi untuk produksi massal, masih perlu tahapan lagi. "Menurut saya itu masih satu step lagi. Pemerintah kan juga step pertama mengakomodasi yang CBU impor. Setelah beberapa waktu, baru didorong untuk lokal produksi. Jadi ya satu-satu lah," kata Irwan.



Meski demikian, Irwan tidak menampik jika aliansi yang terbangun antara Mitsubishi dengan Nissan bisa mempermudah pengembangan kendaraan listrik ke depannya.

"Memang keuntungan aliansi kan untuk berbagi platform, produk, produksi, logistik dan lain-lain. Cuma balik lagi, sampai mana rencana aliansi itu," terangnya.

Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com