Kamis, 15 Agu 2019 11:09 WIB

Toyota Masih Malu-malu Soal Bus Listrik di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Reuters/Mario Anzuoni Foto: Reuters/Mario Anzuoni
Bekasi - Peraturan presiden terkait kendaraan listrik membuka mata bagi para pelaku otomotif untuk berbondong-bondong menghadirkan ragam produk di Tanah Air. Toyota yang dikenal di segmen kendaraan penumpang dan komersial ringan ternyata juga tengah menyiapkan bus listrik.

Namun Vice President Toyota Astra-Motor Henry Tanoto masih menyimpan rapat-rapat terkait informasi bus listrik yang bakal melenggang di jalanan Indonesia.

"Saya tidak bisa komen banyak, tapi pasti memang dari Toyota kami sedang berusaha bekerja sama bagaimana bisa mendukung program pemerintah dalam hal mobil listrik bisa dilakukan dengan baik," ujar Henry saat ditemui di Cikarang Utara, Kab. Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/8/2019).



Sebelumnya kabar ini diembuskan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto. Dia mengatakan, beberapa produsen otomotif menegaskan akan mulai memboyong kendaraan listriknya ke Indonesia. Toyota akan segera mempromosikan mobil listriknya untuk kendaraaan komersial di Indonesia.



Sebagai pilot project Toyota di Indonesia, uji coba akan dilakukan di beberapa wilayah, seperti kawasan pariwisata dan beberapa kota besar untuk digunakan sebagai angkutan umum.

"Yang terpenting, charging station harus disiapkan, di samping insentif lainnya," ungkapnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenperin, Rabu (14/8/2019).

Simak Video "Bus Listrik Tranjakarta Mejeng di CFD"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com