Kamis, 15 Agu 2019 10:08 WIB

Ganjil-genap Jakarta Picu Orang Kaya Beli Mobil Baru

Ridwan Arifin - detikOto
Perluasan ganjil genap Jakarta. Foto: Pradita Utama Perluasan ganjil genap Jakarta. Foto: Pradita Utama
Bekasi - Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperluas wilayah penerapan ganjil-genap diharapkan bisa menekan angka emisi gas buang serta mendorong masyarakat agar menggunakan transportasi umum.

Namun Chief Marketing Officer Astra Credit Companies (ACC), Tan Chian Hok mengatakan ganjil-genap juga membuat orang menambah jumlah mobil pribadi.


"Sebenarnya ganjil-genap kan mestinya orang jadi banyak menggunakan transportasi umum. Tapi transportasi umum integrasinya juga belum begitu sempurna. Itu banyak juga akhirnya yang banyak menambah kendaraan," ujar pria yang akrab disapa Ahok di Cikarang Utara, Jawa Barat.

Lebih lanjut, menurut Operation Manager Auto2000 wilayah DKI 1 Biyouzmal tidak menampik jika orang-orang dengan kondisi finansial kuat menyiasati ganjil-genap dengan membeli mobil kedua dengan pelat nomor ganjil atau genap yang berbeda dari mobil pertama.

"Ya positif dong, karena mungkin ada di beberapa segmen orang akhirnya membeli karena mobilnya satu, beli (bisa melintas) dua supaya ganjil-genap," ujar Biyouzmal di Cikarang Utara, Rabu (15/8/2019).


Sebagai lembaga pembiayaan, ACC diketahui punya cara menggaet konsumen untuk bisa menarik minat konsumen dalam memiliki kendaraan.

"Ya kemudahan DP, kemudian tenor, kita ada ACC one, bagaimana kita bikin mereka lebih mudah dalam proses pembiayaan kredit. Karena biar bagaimanapun 60 sampai 70 persen pembelian mobil kredit, ataupun program-program trade in," ucap Ahok.

Foto: Infografis Ganjil Genap Jakarta (Andhika Akbarayansyah/detikcom)


Simak Video "Dilema Ganjil-Genap dan Akses ke Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed