Selasa, 13 Agu 2019 20:27 WIB

Esemka: Kami Tidak Misterius, Kami Tunggu Momen Tepat

M Luthfi Andika - detikOto
Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya berbicara kepada wartawan di Jakarta.Foto: M Luthfi Andika Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya berbicara kepada wartawan di Jakarta.Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Mobil Esemka bisa dibilang timbul dan tenggelam. Sehingga tidak salah jika ada yang berpendapat, kehadiran Esemka di Indonesia begitu misterius dan hanya hadir saat pemilu, dan menjadi kendaraan politik semata.

Namun hal ini dibantah tegas oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), sebagai Agen Pemegang Merek mobil Esemka. Di Hotel Gran Mulia, Jakarta, Presiden Direktur PT SMK Eddy Wirajaya, menjelaskan mobil Esemka tidak misterius dan bukan sebagai kendaraan politik. Namun murni sebagai bibit baru industri otomotif nasional di Indonesia.



"Sebenarnya kita (Esemka-Red) tidak misterius, tapi kami mempersiapkan semuanya. Melengkapi semuanya, termasuk jalur produksi, seperti memiliki dua line untuk mesin bensin dan diesel, test pengujian, dan sebenarnya kita ingin saat launching nanti kita sudah siap semuanya," ujar Eddy.

Eddy menjelaskan, lamanya waktu persiapan Esemka benar-benar hadir di Indonesia karena menunggu momen yang tepat. "Kami menunggu momen yang tepat, jika kami perkenalkan kemarin (saat pemilu presiden-Red) akan dimaknai berbeda," tambah Eddy.

Meski ogah disebut sebagai mobil nasional, Eddy menyebut Esemka telah menggunakan banyak komponen lokal dalam merakit mobil-mobilnya.



"Kita bukan mobil nasional, tapi kita produksi di Indonesia. Pure Indonesia. Kami harapkan kebanggaan kita merah putih itu," lanjut Eddy.

Menggunakan banyak konten lokal di dalam mobilnya, Esemka pun ogah mendapat keistimewaan khusus dari pemerintah. Seperti halnya pabrikan otomotif yang bermain dalam negeri, Esemka bakal mengikuti regulasi yang sudah dibuat oleh pemerintah.

Simak Video " Ini Bima, Mobil Esemka yang Komponennya Dibuat Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed