Selasa, 13 Agu 2019 10:58 WIB

Mudahnya Cari Lokasi Uji Emisi di Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikOto
Anies luncurkan aplikasi e-Uji Emisi. Foto: Pradita Utama Anies luncurkan aplikasi e-Uji Emisi. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Lokasi uji emisi kini semakin mudah untuk ditemui. Lokasi-lokasi uji emisi tersebut sudah terdeteksi dalam aplikasi e-Uji Emisi yang baru dirilis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini para pengendara bisa lebih mudah untuk menguji kendaraannya.

"Aplikasi bisa mudahkan masyarakat untuk mengetahui di mana uji emisi dilakukan. Di Jakarta ada 150-an bengkel yang bisa. Kita harus dorong lebih banyak lagi," ucap Anies dalam peluncuran aplikasi e-Uji Emisi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (13/8/2019).


Aplikasi e-Uji Emisi dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta. Aplikasi itu masih terbatas di ponsel pintar Android.

Fitur-fitur dalam aplikasi seperti riwayat pengujian emisi dan hasilnya, dan lokasi bengkel penyedia uji emisi. Selain itu, disediakan juga informasi aturan-aturan tentang uji emisi.

Data pengguna di aplikasi akan disambungkan dengan sistem yang lain. Sehingga, pengguna kendaraan akan mendapat beberapa keuntungan seperti potongan harga parkir.

"Aplikasi ini harus dilihat dengan perspektif lebih luas. Bukan hanya daftar lokasi uji emisi, bukan sekedar catat hasil emisi, tapi ini akan disambungkan dengan sistem perpajakan, perparkiran, dan smart city kita," ucap Anies.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengetatkan uji emisi kendaraan di tahun 2020. Kendaraan tak lakukan uji emisi tidak dapat mengurus pajak kendaraan bermotor.

"Tahun ini, tahun terakhir uji emisi longgar. Tahun 2020, hanya memproses (pajak) kendaraan yang sudah uji emisi," ujar Anies.


Setelah memperkenalkan e Uji Emisi, Anies memeriksa beberapa kendaraan untuk diuji emisinya. Dia ditemani oleh Kepala Diana Perhubungan (Dishub) Syafrin Liputo, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Andono Warih.

Anies mengecek uji emisi mobil dinasnya dan bus kecil atau angkot JakLingko. Hasilnya dua mobil itu memiliki emisi yang bagus dan dinyatakan lulus.

Simak Video "Data AirVisual Minggu Pagi, Udara Jakarta Tidak Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(aik/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com