Senin, 12 Agu 2019 19:06 WIB

Importir Tesla Sayangkan Bila Mobil Listrik di RI Bersuara

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil listrik Tesla Model X Foto: Reuters/Stephen Lam Mobil listrik Tesla Model X Foto: Reuters/Stephen Lam
Jakarta - Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan aturan terkait keberadaan mobil listrik di Tanah Air. Termasuk uji tipe kendaraan listrik yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah terkait mobil listrik memiliki suara. Seperti yang tertuang di dalam draft Peraturan Menteri tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor Dengan Motor Penggerak Menggunakan Motor Listrik pasal 36, mencakup sepeda motor (L), mobil penumpang dan bus (M), serta mobil barang (N dan O).



Namun Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim menyayangkan aturan tersebut. Mobil listrik Tesla memang tidak mengeluarkan bunyi saat dikendarai, namun Rudy menyebut Tesla dapat ditambahkan suara seperti yang ada pada mobil bensin.

"Semoga draft-nya tidak pernah jadi keputusan, karena akan mempersulit kendaraan listrik untuk dapat berkembang. Justru mobil premium sekarang sudah hampir tidak ada suara, malah mobil listrik mau dibuat suara," kata Rudy kepada detikcom, Senin (12/8/2019).

Tanpa adanya suara, dikhawatirkan pengguna jalan lain tidak bisa menyadari ada kendaraan listrik di sekitarnya. Makanya, pemerintah Indonesia membuatkan peraturan soal suara kendaraan listrik tersebut. Suara yang ditimbulkan oleh kendaraan tidak boleh menyerupai suara hewan, sirine, klakson dan musik.



Menurut pria yang juga mencintai dunia otomotif ini, seharusnya uji tipe bisa lebih berfokus pada fitur-fitur keamanan lainnya yang sifatnya otomatis ketimbang menambah polusi suara.

"Sudah banyak mobil premium yang suaranya nyaris hilang, kalau untuk keamanan artinya mobil premium yang hampir tidak ada suara harus diadakan (menambah aturan volume) suara juga, untuk asas keadilan," kata Rudy.

"Harusnya bisa lebih fokus ke teknologi keamanan seperti auto brake, pedestrian warning, blind spot assist dan fitur-fitur keamanan lainnya dibandingkan membuat polusi udara," kata Rudy.

Simak Video "Sekencang Apa Mobil Listrik yang Dibawa Bamsoet ke Istana?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed