Sabtu, 10 Agu 2019 16:49 WIB

Tesla Termurah Bakal Merapat ke RI, Berapa Harganya?

Ridwan Arifin - detikOto
Tesla Model 3 Foto: Tesla Motors Tesla Model 3 Foto: Tesla Motors
Jakarta - Prestige Image Motorcars selaku importir umum yang dipimpin Rudy Salim menyebut bakal menghadirkan mobil listrik Tesla paling terjangkau di akhir Agustus 2019. Mobil Tesla yang diperkenalkan adalah Tesla Model 3.

Seperti yang diketahui, Tesla model S dan X merapat lebih dulu ke Indonesia yang hingga saat ini banderolannya di atas Rp 2 miliar. "Kami tentunya melakukan diversifikasi produk dengan akan memperkenalkan varian Tesla paling terjangkau yaitu Tesla model 3 akhir agustus ini. Kisaran harganya akan jauh di bawah model S dan X," jelas Rudy kepada detikcom.



Nah untuk jenis mobil sedan Tesla model 3 yang dirakit di Fremont, California, Amerika Serikat, Rudy menyebut harganya di bawah dari model-model sebelumnya.

"Model 3 sedan kecil. Kisaran tetap di atas 1 miliar. Tapi belum keluar harga pasnya berapa, masih dihitung," ungkap Rudy.

Tesla Model 3Tesla Model 3 Foto: Tesla Motors


Harga mobil Tesla model 3 ini berkali-kali lipat dari negara asalnya. Saat mulai dikirim ke tangan konsumen pada Juli 2017 di Amerika Serikat. Model 3 dikatakan dibanderol berkisar mulai US$ 35.000 (sekitar Rp 367 juta).

Rudy mengatakan harga Tesla yang naik berkali-kali lipat hal ini dikarenakan pengenaan pajak impor yang cukup besar, kendati pajak penjualan atas barang mewah nol persen alias dibebaskan.



"Kami masih terkena PIB (Pemberitahuan Impor Barang) sebesar 50%, PPN (Pajak Pertambahan Nilai) 10% dan PPH (Pajak Penghasilan) 10%, lalu ketika mobil tersebut tiba dan mau digunakan maka akan terkena lagi BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) sekitar 11% ," kata Rudy.

Simak Video "Sekencang Apa Mobil Listrik yang Dibawa Bamsoet ke Istana?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com