Senin, 05 Agu 2019 13:12 WIB

Tanggapan Daihatsu Terhadap Batas Usia Kendaraan di DKI Jakarta

Rizki Pratama - detikOto
Daihatsu Logo Foto: Ari Saputra Daihatsu Logo Foto: Ari Saputra
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan sebuah instruksi untuk membatasi usia kendaraan pribadi sampai 10 tahun. Langkah ini ditujukan untuk menurunkan tingkat polusi oleh mobil-mobil lama yang kebanyakan gas buangnya tak memenuhi standar lagi.

Berbicara mobil berusia tua tentu hal ini akan menyinggung pengguna mobil dengan merek yang sudah lama tumbuh kembang di Indonesia. Daihatsu sendiri melihat kebijakan ini sebagai dorongan pada manufaktur untuk menyajikan produk yang lebih baik dalam mengolah bahan bakar fosil.



"Intinya kita dukung pemerintah kebijakannya. Itu juga sebetulnya kita selalu mengupayakan fuel consumption yang lebih baik dan emisi yang lebih baik," ujar Division Head Marketing Domestik PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rudy Ardiman saat ditemui dalam kegiatan Sedulut Daihatsu di Yogyakarta, Sabtu (3/8/2019).

Namun untuk langkah berikutnya terkait kebijakan ini, Daihatsu melalui Rudi mengatakan bahwa mereka perlu mengkaji lagi bagaimana dampaknya terhadap pasar otomotif di Indonesia.



"Daripada berspekulasi kita belum tahu ditelnya seperti apa. Kita juga belum mengkaji karena masih baru, jadi impactnya kita belum tau. Intinya kita support dari program pemerintah," lanjut Rudi.

Pembatasan usia kendaraan untuk mobil pribadi ini memang belum dalam waktu dekat direalisasikan. Anies mengatakan batasan usia ini mulai berlaku pada tahun 2025 mendatang.

"Kendaraan pribadi juga akan mengalami hal yang sama, tetapi pada tahun 2025. Jadi tahun 2025 kita punya periode waktu 6 tahun untuk masyarakat bersiap, bahwa kendaraan yang bisa beroperasi di Jakarta hanya kendaraan yang usianya di bawah 10 tahun dan seluruh kendaraan akan mengalami uji emisi," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com