Senin, 05 Agu 2019 08:46 WIB

Daihatsu Masih Pelajari Pasar Mobil Listrik di Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
Daihatsu HyFun. Foto: Rifkianto Nugroho Daihatsu HyFun. Foto: Rifkianto Nugroho
Yogyakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memang telah menyapa elektrifikasi dengan menghadirkan Hy-Fun di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Meski demikian, penampilan mobil itu bukanlah sinyal bahwa Daihatsu akan segera bergerak ke elektrifikasi untuk Indonesia.

Melihat pasar ini masih sangat baru dan sangat terbuka bagi merek baru mencuri start, Daihatsu tampaknya belum memiliki ancang-ancang untuk mengarunginya. Pihak Daihatsu perlu melihat bagaimana respon konsumen apakah akan ada peralihan pasar dari mobil konvensional ke listrik.


"Kita baru akan menstudi respon apakah mereka beralih atau tidak, ini baru akan mau studi. Bagaimana mendorong (peralihannya) pertanyaannya kembali lagi mobilnya kan belum ada. Jadi kita belum memikirkan bagaimana langkah-langkahnya," tutur Division Head Marketing & CR PT Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso saat ditemui dalam kegiatan Sedulur Daihatsu di Yogyakarta, Sabtu (3/8/2019).

Berbicara mengenai mobil listrik tentu hal ini akan sangat berkaitan erat dengan Instruksi Gubernur yang dikeluarkan oleh Pemerintah DKI Jakarta mengenai batas usia kendaraan. Secara tidak langsung aturan ini akan mendorong konsumen untuk membeli mobil baru dengan tenaga listrik.

"Sebetulnya salah satu dari Ingub (Instruksi Gubernur) akan mendorong putaran kendaraan jadi lebih cepat karena banyak mobil baru yang harus dibeli untuk menggantikan mobil lama," timpal Division Head Marketing Domestik PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rudy Ardiman saat ditemui pada kesempatan yang sama.


Hy-Fun pun sayangnya belum akan menjadi daftar lini produksi mobil listrik di Indonesia ke depannya. Pernyataan ini telah ditegaskan oleh Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra di GIIAS 2019.

"Kami belum berencana menjadikannya sebagai mobil mass production. Ini adalah ajang untuk untuk menunjukkan mobil-mobil yang menarik untuk menunjukkan mobil-mobil dream car. Jadi kami buat konsep hari ini sekalian mempelajari bagaimana tanggapan masyarakat Indonesia kalau dikeluarkan mobil seperti ini," katanya.

Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com