Jumat, 26 Jul 2019 19:43 WIB

Pabrikan China Mulai Ekspor, Ini Kata Gaikindo

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi ekspor mobil Foto: Pradita Utama Ilustrasi ekspor mobil Foto: Pradita Utama
Tangerang - Geliat pabrikan asal negeri tiongkok mulai menunjukkan giginya dengan merambah ke pasar di luar Indonesia. Dua pabrikan, Wuling dan DFSK mulai menepati janjinya, bahwa siap menjadi basis produksi untuk di ekspor ke mancanegara.

Wuling misalnya mengapalkan Almaz berbaju' Chevrolet Captiva untuk pasar Thailand, kuartal ke empat 2019 nanti. Kemudian DFSK sudah mulai sudah mengirimkan mobil hasil produksinya di pabrik Cikande, Serang ke negara lain. Distribusi pun sudah dilakukan sejak akhir November 2018 lalu dengan negara tujuan Asia Tenggara dan Cina sendiri.


Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan hal ini yang merupakan salah satu diharapkan dari para pelaku industri otomotif di Tanah Air.

"Itu yang paling kita sukai bahwa mereka datang, investasi di Indonesia mereka jualan ke market Indonesia, tapi abis itu mengekspansi produksinya untuk melakukan ekspor ke luar negeri," ujar Nangoi di arena GIIAS, ICE BSD, Tangerang beberapa waktu yang lalu.

"Dengan melakukan investasi di Indonesia, modal masuk, kemudian dengan melakukan produksi di Indonesia mereka memperkejakan banyak pegawai kita. Ini banyak yang terhidupi, dengan melakukan ekspor maka devisa akan masuk," jelasnya.


Ia juga mengatakan bahwa Indonesia tidak menutup mata dengan kehadiran mobil dari negeri mana pun. Sebab kehadiran merk baru, positif untuk membangun iklim investasi di Indonesia.

"Kita netral pokoknya yang namanya uang tidak mengenal negara, buat kami Gaikindo yang penting ada investasi masuk, ada ekspor keluar kendaraan yang sudah jadi itu yang lebih penting," jelasnya.

Simak Video "Membeludak! Dibuka Perdana, GIIAS 2019 Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com