Jumat, 26 Jul 2019 07:45 WIB

Jangan Sembarangan Ganti Pelek Honda Accord Kalau Tak Mau Begini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda Accord. Foto: Rifkianto Nugroho Honda Accord. Foto: Rifkianto Nugroho
Bandung - Honda telah memperbarui sedan mewah Accord. Tak cuma eksterior dan mesin yang berubah, Honda juga telah menyempurnakan sisi kenyamanan Accord.

Untuk mendukung kenyamanan, pihak Honda telah merancang Accord sehingga kabinnya lebih senyap. Mobil ini juga akan meredam suara kasar yang biasanya hadir dari ban yang bergesekan dengan aspal.


Honda Accord menggunakan ban berukuran 235/45R18 dengan pelek aluminium 5-spoke berukuran 18x8.0 inci. Untuk pertama kalinya di mobil Honda, pelek Accord dirancang dengan desain peredam suara yang dapat mengurangi kebisingan hingga 6 dB.

Honda Accord TurboHonda Accord Turbo Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto


Elemen utama dari fungsi peredaman suara ini adalah penerapan resonator dan resin molding yang disematkan di dalam pelek. Desain tersebut mengurangi resonansi suara di dalam kolom udara di roda. Salah satu keuntungan dari sistem peredam suara di dalam roda tersebut adalah reduksi signifikan terhadap kebisingan saat mobil melaju di berbagai kondisi jalan.

Dengan resonansi di pelek tersebut, Honda Accord tak bisa sembarangan dimodifikasi terutama mengganti pelek jika tak ingin kehilangan fungsi tersebut. Hal itu dikatakan oleh Assistant Large Project Leader Honda Accord, Honda RnD, Masao Nakano.

Honda Accord TurboHonda Accord Turbo Foto: Rifkianto Nugroho


"Kalau peleknya diganti (dengan ukuran yang lebih besar atau kecil), fiturnya akan hilang. Karena di dalam pelek sudah ditanamkan resonatornya. Jadi fitur itu tidak bisa dipindahkan ke pelek lain," kata Nakano di sela-sela media test drive Honda Accord menuju Bandung, Jawa Barat.


Begitu juga jika mengubah ukuran ban. Kata Nakano, jika ukuran ban diubah maka akan berpengaruh terhadap fitur peredam kebisingannya.

"Jadi kami menyarankan sesuai ukuran jika ingin mengganti ban," katanya.

Simak Video "Sopir Sedan yang Nyelonong ke Kebun Tembak Pacar Pakai Air Gun"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com