Selasa, 23 Jul 2019 16:49 WIB

Setting Airbag Toyota Rush Tak Sesuai dengan Kondisi Jalan RI

M Luthfi Andika - detikOto
Toyota Rush. Foto: Toyota Toyota Rush. Foto: Toyota
Jakarta - PT Toyota Astra Motor baru-baru ini mengumumkan untuk melakukan penarikan kembali alias recall terhadap 60.000 unit Rush tahun produksi Desember 2017-Februari 2019 yang beredar di Indonesia.

Tak habis sampai di situ, penarikan juga dilakukan terhadap 36.000 Rush yang terjual di beberapa negara ASEAN seperti Filipina. Hal itu dilakukan karena ditemukan kesalahan pemrograman komputer yang bisa membuat curtain airbag Rush mengembang dengan sendirinya.


Bahkan di Filipina disebutkan airbag Rush bisa mengembang saat mobil menghantam lubang pada kecepatan 60 km/jam. Kok bisa ya? Dijelaskan Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra para ahli di Jepang keliru ketika membuat setelan airbag karena tak menyesuaikan dengan kondisi jalanan di Tanah Air.

Seperti diketahui Rush yang diproduksi di Indonesia lahir dari pabrik Daihatsu berbarengan dengan kembarannya Terios.

Airbag RushAirbag Rush Foto: Toyota


"Karena di Jepang itu kan jalan mulus, dia nggak tahu di Indonesia itu banyak jalan jelek. Kalau setting kayak gitu di Jepang, itu udah tabrakan (saat melalui jalanan berlubang-Red). Sementara di sini itu bukan tabrakan karena jalan jelek," ungkap Amelia beberapa waktu lalu.

Memiliki spesifikasi yang berbeda dengan Rush, Terios justru tak terkena dampaknya. Hanya dibekali dua airbag di bagian pengemudi dan penumpang depan, Terios justru aman dari recall.


"Berarti Terios aman-aman saja? Ya, karena Terios itu tidak memakai side airbag dan jangan salah ini bukan masalah part, Ini masalah setting kondisi," pungkas Amelia.

Bagi detikers yang memiliki Toyota Rush dengan tahun produksi seperti disebutkan di atas, disarankan segera pergi ke bengkel untuk mengecek kondisi mobil. Perbaikan proses recall pun tak berlangsung, Toyota mengklaim hanya berlangsung 30 menit.



Setting Airbag Toyota Rush Tak Sesuai dengan Kondisi Jalan RI


Simak Video "Terios Teranyar Tak Lagi 'Gendong' Ban Serep "
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed