Selasa, 23 Jul 2019 14:27 WIB

Sama-sama Bermesin K15B, Tenaga Jimny Lebih Kecil dari Ertiga

Dina Rayanti - detikOto
Suzuki Jimny. Foto: Ari Saputra Suzuki Jimny. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Suzuki akhirnya merilis SUV legendarisnya Jimny di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Sama halnya dengan negara-negara lain, Jimny yang dijual di Indonesia mengusung mesin sama persis dengan sang saudara Ertiga yakni K15B. Meski begitu mesin keduanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Artinya walaupun menggendong mesin yang sama keduanya memiliki tenaga berbeda. Mengutip laman resmi Suzuki Indomobil Sales, tenaga yang dihasilkan Jimny lebih kecil daripada Ertiga.


Ertiga bermesin K15B DOHC VVT bisa menghasilkan tenaga setara 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm, juga torsi 138 Nm pada putaran rpm 4.400.

Sementara Jimny yang tertulis mengusung mesin K15B mempunyai tenaga setara 102 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada rpm 4.000.

Mesin Jimny.Mesin Jimny. Foto: Ari Saputra


Mesin K15B ini memang tergolong baru dikembangkan. Mesin K15B dari Suzuki ini diklaim memberikan efisiensi bahan bakar yang baik serta tenaga dan torsi yang lebih besar daripada mesin K14B. Sebagai informasi, mesin K14B sebelumnya melekat di balik kap Ertiga.

Mesin Suzuki ErtigaMesin Suzuki Ertiga Foto: Rifkianto Nugroho



Disebutkan Suzuki, berkat mesin K15B Suzuki, kebisingan dan getaran saat sedang mengendarai mobil berkurang sehingga penumpang di dalam mobil lebih nyaman dan tenang. Radiator juga efisien memberikan output lebih tinggi serta performa AC lebih baik.

Di negara asalnya, memang ada dua pilihan mesin yang ditawarkan pada Jimny yaitu 660cc dan 1.500cc. Namun versi mesin 660cc hanya ditawarkan untuk warga Jepang. Sedangkan untuk Jimny yang dijual ke luar negeri, Suzuki memutuskan untuk menggunakan mesin 1.500cc.

Simak Video "Kenalkan Maruti S-Presso, Mobil Mungil Suzuki Seharga Rp 70 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com