Senin, 22 Jul 2019 12:07 WIB

Tak Perlu Modifikasi Mobil Kalau Mau Dibawa Keliling Dunia

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Tangerang - Sebuah keluarga di Indonesia yang terdiri dari Eelco Koudijs (Ayah), Vryedta Ilfia Koudijs (Ibu), beserta putri-putra mereka Raneshsya Abelona dan Bramantyo Aditya melakukan perjalanan menggunakan mobil ke luar negeri sejauh 65 ribu km. Eelco bersama keluarga menaiki Mitsubishi Pajero Sport dan mengaku tidak perlu melakukan modifikasi agar mampu mengatasi medan berat.

Kendati melewati berbagai negara dengan berbagai jenis kondisi, nyatanya tak banyak ubahan yang diterapkan pada mobil mereka. Satu-satunya ubahan yang dilakukan hanya pada suspensi belakang karena muatan beban barang yang cukup berat.



"Tidak ada sama sekali, ban kalau masih bagus nanti aja. Saya cuma ganti suspensi di belakang karena beban yang lumayan berat pakai buat tenda. Selain itu tidak ganti apa apa-apa. Modifikasi tidak dibutuhkan kecuali emang gila offroad tentu mungkin ada perlu diganti," ujar Eelco saat ditemui di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang.

Tak Perlu Modifikasi Mobil Kalau Mau Dibawa Keliling DuniaFoto: Instagram/Journey of Wonder


Bahkan dari cerita Eelco, banyak orang di luar negeri yang melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil sedan sekalipun.

"Ada ibu-ibu dari Rusia pakai sedan Hyundai sudah keliling Afrika 3 tahun tidur di mobil nggak ada masalah juga. Sebenarnya mobil nggak perlu macam-macam asal ada niat, mobil apa saja bisa," ucap Eelco.



Eelco menegaskan untuk selalu memikirkan apa yang dibutuhkan daripada apa yang diinginkan ketika ingin melakukan perjalanan. Untuk pemilihan mobil pun tergantung bagaimana kebutuhan. Jika ingin lebih nyaman tentunya membawa mobil yang kabinnya lebih lega.

"Kalau kita mau enak sekalian pakai minibus, bisa tidur di dalam dan lebih nyaman," imbuhnya.

Hal yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah ketersediaan jaringan bengkel atau sparepart. Beberapa mobil yang dijual di Indonesia bisa jadi tak dijual di luar negeri.

"Kalau di Asia itu masih cukup banyak (diler dan sparepart), masuk ke Eropa sudah mulai jarang model seperti ini baru ada lagi itu di Afrika," tutur Eelco.

Tak Perlu Modifikasi Mobil Kalau Mau Dibawa Keliling Dunia


Simak Video "Lagi! 2 Varian Pajero Sport Rasa Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com