Selasa, 16 Jul 2019 14:13 WIB

Meski Kembar, Toyota Rush dan Terios Tetap Berbeda

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Rush. Foto: Toyota Toyota Rush. Foto: Toyota
Jakarta - Lahir dari pabrik yang sama tak berarti si kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios menjadi sangat identik. Kalau melihat tampilan eksterior, keduanya memang sangat identik meski ada beberapa perbedaan tapi jika dikulik dalam baru terlihat ada beberapa fitur yang berbeda.

Daihatsu TeriosDaihatsu Terios Foto: Daihatsu


Fitur keamanan seperti airbag misalnya. Toyota selangkah lebih maju dengan menyematkan enam airbag di dalam Rush. Airbag pada Rush terletak di bagian depan pengemudi dan penumpang. Kemudian ada juga airbag yang dipasang di sisi samping untuk melindungi penumpang jika mobil ditabrak atau menabrak dari samping. Tepatnya airbag ini terpasang di pilar A dan C.


Sedangkan Daihatsu hanya memasang dua airbag yang terletak di bagian depan. Bukan sembarangan, pemasangan dua airbag itu sudah melalui pertimbangan matang-matang dari Daihatsu. Curtain airbag yang berada di sisi samping menurut Daihatsu dapat digantikan perannya oleh Side Impact Beam.

Interior Terios.Interior Terios. Foto: Daihatsu


"Dari survei yang kami lakukan kebanyakan konsumen di pasar maunya seperti itu, kantung udara dua di depan," jelas Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra saat peluncuran Terios November 2017.

Fitur lain yang tersemat di Terios dan Rush tak jauh berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kamera parkir belakang, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Start/stop button dan beberapa fitur lainnya.


Bicara soal airbag, Rush memang tengah menjadi sorotan. Curtain airbag pada Rush yang diproduksi dari Desember 2017 sampai Februari 2019 berpotensi mengembang secara tiba-tiba karena pemrograman komputer tak sesuai. Hal itu membuat para pemilik Rush harus memboyong mobilnya ke bengkel untuk dilakukan pengecekan dan segera mengganti jika terdapat masalah.

Interior Toyota Rush.Interior Toyota Rush. Foto: Toyota


Tapi hal itu tak terjadi pada Terios. Terios hanya memiliki dua airbag di bagian depan sehingga tidak terkena dampak penarikan.

Simak Video "Terios Teranyar Tak Lagi 'Gendong' Ban Serep "
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com