Jumat, 12 Jul 2019 13:10 WIB

Murah Jadi Alasan Orang Jepang Sewa Mobil untuk Tidur

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi Foto: (Niconico Rentacar) Ilustrasi Foto: (Niconico Rentacar)
Tokyo - Mobil di Jepang sedikit mengalami peralihan fungsi. Kalau biasanya mobil digunakan sebagai alat transportasi, di Jepang kendaraan roda empat justru dijadikan tempat tidur. Setidaknya fenomena itu terjadi di Negeri Sakura setahun terakhir.

Mereka para penyewa mobil yang menggunakannya sebagai tempat tidur beralasan tarif rental murah dan tak perlu repot mencari tempat. Penyewaan mobil di Jepang juga lebih mudah diakses karena bisa dilakukan secara online. Tarifnya dikenakan 400 yen untuk 30 menit dan mobil bisa diambil di 12.000 lahan parkir beberapa cabang perusahaan rental.


"Saya menyewa mobil untuk memakan makanan yang saya beli di minimarket karena saya tak bisa menemukan tempat untuk makan," ujar salah seorang pria di kawasan Perfektur Saitama dikutip situs pemberitaan Asahi, Jumat (12/7/2019).

"Biasanya satu-satunya tempat dimana saya bisa tidur saat mengunjungi klien adalah cyber cafe di depan stasiun. Namun meminjam mobil hanya dengan membayar beberapa ratus yen sama saja seperti di dalam cyber cafe," sambungnya lagi.

Ditemukan oleh salah satu perusahaan penyewaan mobil bahwa dari 400 responden 1 dari 8 konsumen tak lagi menggunakan mobil sebagai alat transportasi. Dalam sebuah survei juga diketahui angka penyewa mobil yang tak menggunakannya untuk kebutuhan transportasi terus meningkat.

Setidaknya disebutkan perusahaan penyewaan mobil NTT Docomo Inc dari 400 responden yang mengikut survei 1 dari 8 penyewa mobil tak menggunakannya untuk kebutuhan transportasi. Tak cuma tidur, mobil di Jepang juga disewa untuk sekadar ngobrol dengan teman, kaluarga, berlatih bahasa Inggris dan sederet hal lainnya.

"Mobil bisa digunakan untuk kegiatan yang sifatnya privat. Orang-orang menggunakan kendaraan kami untuk banyak hal lebih dari ekspektasi kami," sebut NTT Docomo dalam studinya.

s

Bahkan ada yang rela menyewa mobil hanya untuk tempat ngadem ketika masuk musim dingin ataupun sebagai penghangat ketika musim panas. Mereka pun diimbau hanya menyewa kendaraan untuk kebutuhan transportasi seutuhnya.

"Para pengendara harusnya mematikan mesin saat sedang tidak berkendara. Kami tidak merekomendasikan konsumen kami menyewa mobil untuk tujuan lain selain traveling," kata Public Relation Oriz yang merupakan salah satu perusahaan rental mobil.

Simak Video "Sensasi Menjadi Ninja di Kafe Tokyo"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed