Senin, 08 Jul 2019 15:47 WIB

Toyota Supra dan Kembarannya BMW Z4 Adu Cepat, Siapa Menang?

Rizki Pratama - detikOto
BMW Z4 Foto: Pradita Utama BMW Z4 Foto: Pradita Utama
Jakarta - Bukanlah rahasia lagi bahwa Toyota Supra GR sebenarnya dibangun dari platform BMW Z4. Hasilnya mobil ini memiliki desain interior yang mirip bahkan sampai ke sistem hiburannya. Di dapur pacu pun keduanya menggunakan mesin B58 3.0 liter 6 silinder segaris.

Kesamaan ini membuat banyak penggemar Supra merasa tidak mau disamakan dengan Z4 dan kukuh Supra memiliki kemampuan lebih tanpa bantuan dari BMW. Tapi tak bisa dipungkiri tanpa bantuan BMW, Toyota Supra GR akan memakan waktu lebih lama untuk terbangun lagi.



Meskipun hampir semua komponen mobil ini memiliki kesamaan keduanya tetap memiliki konfigurasi tersendiri saat keluar jalur produksi. Kedua mobil ini pun akhirnya mendapatkan kesempatan bertemu langsung di atas aspal untuk membuktikan siapa yang tercepat. Dilansirkan oleh Motor1, pengujian ini dilakukan oleh CarWow dengan balapan di lintasan lurus.

Sebelum melihat hasilnya, mari simak lagi kemampuan mobil ini di atas kertas. Mesin yang sama tersebut mampu menghasilkan 335hp torsi 500nm. Performa tersebut dikirimkan ke roda penggerak belakang melalui transmisi otomatis 8 percepatan ZF 8HP.



Perbedaan dilihat cukup besar dari mobil ini adalah bobotnya. BMW Z4 menggunakan atap convertible sementara Toyota Supra tidak. Perbedaan tersebut membuat BMW Z4 lebih berat 40kg.

Adu cepat di lintasan lurus tersebut dilakukan beberapa kali dan Toyota Supra selalu mengungguli BMW Z4. Toyota Supra berhasil mencapai garis finish terlebih dahulu dalam lintasan sepanjang 400 meter dengan torehan waktu 12 detik. BMW Z4 pun menyusul 0,5 detik berikutnya dengan catatan 12,5 detik.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com