Sabtu, 06 Jul 2019 14:42 WIB

Mobil Listrik VW Kalahkan Rekor Mobil F1 McLaren!

Dadan Kuswaraharja - detikOto
VW ID. R Foto: Volkswagen VW ID. R Foto: Volkswagen
West Sussex - Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, sebuah mobil balap listrik sanggup mengalahkan rekor kecepatan yang ditorehkan oleh mobil Formula 1. Mobil listrik yang dimaksud adalah mobil listrik Volkswagen ID.R.

Mobil mengalahkan rekor yang ditorehkan oleh mobil F1 McLaren dalam event Goodwood Festival of Speed. Dengan rekor barunya itu, Volkswagen ID.R menambah koleksi rekornya.



Sebelumnya VW ID.R menjadi mobil listrik tercepat yang pernah mengelilingi sirkuit Nuerburgring di Jerman, dan menjadi yang tercepat di Pikes Peak di Colorado.

Sementara untuk rekor barunya di Goodwood Festival of Speed yang diadakan di Inggris, mobil membukukan catatan waktu 41,18 detik. Mobil dikendarai oleh pebalap Romai Dumas yang merupakan seorang pebalap Le Mans 24 jam.

Sebelumnya catatan waktu terbaik di Goodwood adalah 41,6 detik yang dicetak oleh mantan pebalap F1 Nick Heidfeld. Dia mencetak rekor itu dengan mobil McLaren MP4/13 pada tahun 1999.

VW ID.R merupakan mobil balap listrik pertama Volkswagen. Mobil ini memiliki baterai ion lithium yang terletak di bagian kanan dan kiri kokpitnya. Baterai itu menyalurkan energi ke 2 motor listrik yang terletak di depan dan belakang. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 680 Ps.

Goodwood of Speed merupakan festival kecepatan yang diadakan di Inggris. Event ini sering dianggap sebagai surganya otomotif dunia, karena di sana berdatangan mobil-mobil super cepat.



[Gambas:Youtube]



Simak Video "Grab Masih Pertimbangkan Mitranya Gunakan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com