Rabu, 03 Jul 2019 20:41 WIB

Ikuti Standar Euro di RI, Triton Siap Hingga Euro6

Ridwan Arifin - detikOto
Mitsubishi Triton Foto: Pradita Utama
Jakarta - New Triton resmi mendarat di Indonesia dengan menggunakan standar uji emisi Euro2. Mitsubishi pun memprediksi Indonesia baru menerapkan aturan mesin diesel berstandar Euro4 pada tahun 2022. Meski demikian Mitsubishi New Triton sudah memiliki teknologinya.

"Jadi untuk Indonesia kami homologasinya dengan Euro2, kenapa? Karena sertifikasi saat ini di Indonesia adalah Euro2," ujar Program Director Mitsubishi Motors Corporation, Koichi Namiki dalam acara media preview di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat.



Regulasi emisi Euro4 sudah mulai diberlakukan sejak 2018 lalu, sementara kendaraan bensin diwajibkan sejak Oktober 2019. Aturan untuk mesin diesel ini lebih lambat dari mesin bensin yang sudah diterapkan sejak 7 Oktober 2018.

Regulasi ini Peraturan Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro4.

All New TritonAll New Triton Foto: Pradita Utama


Naoya mengatakan sebagai produk global yang sudah diluncurkan ke berbagai negara. New Triton bisa beradaptasi dengan berbagai medan dan juga regulasi di tiap negara.



Seperti yang diketahui New Triton saat ini menggendong mesin berkode 4N15 2.4L yang sama digunakan dengan Mitsubishi Pajero Sport yang mulai dipakai sejak tahun 2016. Ia menyebut mesin tersebut dapat disesuaikan hingga Euro6.

"Tapi sebenarnya mobil ini diekspor lebih dari 150 negara seperti Thailand, Eropa, Australia. Dan di Eropa seperti yang diketahui sudah Euro 6, kendaraan sendiri sudah ready. Tapi kita harus menyesuaikan regulasi kendaraan yang ada di negara masing-masing," pungkasnya.

Simak Video "KPK soal Mobil Dinas Pimpinan: Tunjangan Transportasi Akan Dihapus"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com