ADVERTISEMENT

Mobil Tenaga Surya Mengaspal Dua Tahun Lagi

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 27 Jun 2019 09:47 WIB
Foto: Istimewa
Amsterdam - Sebuah perusahaan startup mobil asal Belanda bernama Lightyear telah menampilkan prototype kendaraan pertama bertenaga surya yang dapat menempuh jarak jauh. Mobil ini didesain untuk solusi dari masalah utama kendaraan listrik yang kekurangan infrastruktur pusat pengisian daya.

Mobil prototype bernama One ini dilengkapi dengan panel surya di bagian atap dan kapnya. Panel surya di mobil ini terbentang seluar 5 meter persegi secara total berlapis kaca pelindung yang diklaim cukup kuat menahan berat orang dewasa tanpa menyebabkan lecet atau retak.



Sementara itu tenaga listrik yang mampu dimaksimalkan oleh mobil ini bervariasi. Lightyear mengatakan model ini mampu beroperasi sejauh 50-70 km per hari di musim panas Belanda. Jika dikalkulasikan, dalam setahun mobil berpanel surya mampu menghasilkan total 700 kWh daya listrik.

Mobil Tenaga Surya Mengaspal Dua Tahun LagiFoto: Istimewa


Sayangnya pihak Lightyear masih menutup informasi mengenai performa dan spesifikasi lengkap The One. Satu-satunya yang dapat dikonfirmasi adalah mobil ini mengaplikasikan masing-masing satu motor listrik di setiap bannya dengan baterai relatif kecil.



Selain mendapatkan tenaga dari matahari, tenaga listrik mobil ini juga didapat dari pusat pengisian daya layaknya mobil listrik saat ini. Lightyear diklaim mampu menempuh jarak 400km jika diisi ulang semalaman dengan soket 230V.


Mobil Tenaga Surya Mengaspal Dua Tahun LagiFoto: Istimewa


Keunggulan lain yang menjadi andalan mobil ini adalah desain aerodinamisnya di mana pihak Lightyear masih terus melakukan perkembangan pada sisi ini.

Prototype ini direncanakan akan memasuki dapur produksi pada tahun 2021. Saat ini, 100 unit pertama sudah ada pemesannya. Jika masih ada yang berminta tak perlu takut kehabisan karena masih ada 400 slot tersisa yang dibanderol dengan harga USD 135.000 atau sekitar Rp 1,9 miliar.

Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT