Orang Kalimantan Barat Lebih Suka Mobil Manual

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 26 Jun 2019 12:38 WIB
Daihatsu Terios. Foto: Luthfi Anshori
Pontianak - Daihatsu Terios bertransmisi manual jadi pilihan utama para konsumen di Kalimantan Barat. Faktor utamanya ternyata tidak hanya karena kondisi jalan yang belum mulus, melainkan ada faktor lain yang juga mempengaruhi.

"Di Kalimantan Barat, banyak orang suka manual karena memang melihat kondisi jalan yang tidak selalu mulus. Tapi nggak hanya itu, ada juga faktor lainnya, yakni soal kebiasaan konsumen dari suatu daerah," ungkap Branch Head PT Astra Inernational Tbk. Daihatsu Agus S.M, di Pontianak, beberapa waktu lalu.



"Contoh di Batam 90 persen jualannya matik. Manual nggak laku. Kalau di sini (Kalimantan Barat) manualnya (Terios) yang 90 persen, matik baru 10 persen," lanjut Agus.

Selain kurang diminati, di Kalimantan Barat sendiri Daihatsu Terios transmisi matik memang masih inden seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia.



"Terios kalau yang transmisi manual kemungkinan satu minggu sampai dua minggu. Sedangkan matik bisa sampai satu sampai dua bulan," kata Agus.

"Kenapa lama? Karena head office fokus di beberapa kota yang banyak permintaan manual, sehingga lebih banyak fokus memenuhi permintaan ini. Lalu matiknya dinomorduakan, sehingga volume matik menurun," pungkas Agus. (lua/rgr)