Selasa, 25 Jun 2019 20:59 WIB

Baterai Mobil Listrik Bekas Didaur Ulang untuk Energi Stadion Sepakbola

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Pool (electrek) Foto: Pool (electrek)
Jakarta - Baterai di kendaraan listrik sewaktu-waktu performanya bisa turun sehingga tidak bisa digunakan lagi. Namun perusahaan konglomerat asal AS, Eaton dapat mengubah sampah itu menjadi pundi-pundi uang.

Mencuplik dari Reuters, Selasa (25/06/2019) Eaton merupakan perusahaan yang terdaftar di New York yang membuat hidrolika, transmisi truk, dan produk industri lainnya.



Soal daur ulang baterai, Eaton mengambil sel-sel dari baterai mobil Jepang, Nissan Leaf dan mengemasnya kembali menjadi unit-unit baru. Sebuah produk yang disebutnya xStorage, sebagai media penyimpanan tenaga listrik.

Salah satu stadion yang sudah menggunakan xStorage adalah kandang dari tim Ajax Amsterdam, Johan Cryuff Arena. "Komunitas stadion sepakbola tertarik. Dari yang signifikan, (kita berbicara) dengan 5-6 stadion di Eropa," ujar Wakil Presiden Senior Eaton, Craig Mc Donnell seperti dikutip Reuters.

EatonEaton Foto: Pool (electrek dan current-news)


Sebab dengan bertambahnya usia baterai listrik, mereka kehilangan kemampuan untuk memberi daya pada kendaraan tapi masih dapat digunakan dalam 10 tahun ke depan, dalam skenario yang disebut "kehidupan kedua".



Dalam laporan currentnewsm disebutkan bahwa 250 paket baterai kedua (xStorage) karena masih sedikit baterai yang dapat digunakan.

EatonEaton Foto: Pool (electrek dan current-news)


Maka dari itu dikombinasikan dengan 340 modul baterai pertama dari Nissan digunakan untuk membangun sistem penyimpanan energi 3MW/2.8 MWh yang akan menyuplai stadion Johan Cryuff Arena. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com