Selasa, 25 Jun 2019 18:10 WIB

Punya DNA SUV, Chevrolet Tak Mau Sama dengan China

Rizki Pratama - detikOto
Chevrolet Trailblazer Foto: Chevrolet Chevrolet Trailblazer Foto: Chevrolet
Jakarta - Mobil-mobil Sport Utility Vehicle (SUV) mencatat pertumbuhan positif di Indonesia, mobil pun jadi ngetren sampai tahun ini. Bahkan beberapa brand baru, seperti DFSK mengklaim diri mereka adalah spesialis SUV demi menggaet minat pasar Indonesia.

Merek Amerika Serikat sendiri, Chevrolet yang sudah cukup lama dan juga dikenal SUV dan Pick Up truknya di Indonesia pun merasa segmen mereka tidak bisa disamakan dengan mobil SUV China.


"Saya pikir beda karena kalau lihat mobil tidak hanya technical specs dan bentuknya tapi passion-nya. Saya pikir masing masing punya kekuatan dan strategi sendiri," ujar Chevrolet External Affaris & PR Director General Motors (GM) Indonesia, Yuniadi Haksono Hartono di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

Menurutnya sasaran konsumen Chevrolet adalah mereka yang memang menyukai brand Chevrolet atau gaya dan kualitas mobil Amerika. Dalam terpaan brand Jepang, Eropa, dan kini China pun Adi mengakui segmen mereka sangatlah kecil.

"Market share memang penting tapi kita lihat pelanggannya yang mana, kalau bicara Chevrolet memang kendaraan untuk orang yang ingin tampil beda. Nuansa Amerika, kualitas produk Amerika, bahkan ada yang ingin beda dari yg lain. Kita cenderung masuk ke segmen ini. Jumlahnya banyak? Nggak, sangat niece," Jelas Adi.

Saat ini pun Chevrolet terus memenuhi kebutuhan pasar. Mereka mengaku dalam bisnis akan fokus pada apa yang sekiranya memiliki potensi bagus.



"Kita akan terus mengikuti perkembangan pasar ya, kalau melihat 10-20 tahun lalu kan pasar begitu dinamis. 90-an senang sedang, terus MPV, terus Hatchback. Dulu SUV bukan first car tapi sekarang berubah," pungkas Adi.

Festival Chevrolet 101

Sementara itu Chevrolet melakukan strategi penjualan yang masif ke 101 titik di seluruh Indonesia. Melalui program Festival Chevrolet 101 ini diharapkan dapat mendekatkan mereka pada konsumen.

Festival ini mengusung konsep pameran yang akan dilaksanakan di kota-kota selain Jakarta seperti Bandung, Surabaya, Medan dan banyak lainnya. Pada pameran ini akan diberikan kesempatan pada konsumen untuk mendapatkan promo menarik serta test drive langsung.

"Ini dilakukan untuk pendekatan konsumen. Nah melalui ini kami datang langsung ke konsumen di lebih 101 titik di Indonesia dengan pameran. Konsumen bisa lihat produk, mereka juga experience produk kita," ujar General Director PT General Motors Indonesia, Donald Rachmat.

Program ini akan berlangsung mulai dari 25 Juni-30 September 2019. Sementara itu promo khusus yang ditawarkan mulai dari DP ringan, cicilan ringan hingga bunga 0 persen. Satu lagi yang cukup menarik adalah, Chevrolet juga akan memberikan undian berhadiah satu unit Chevrolet Spark di akhir program pada bulan September. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com