Minggu, 23 Jun 2019 15:27 WIB

Pikap Chevrolet Jadul yang Berjasa buat Honda

Ridwan Arifin - detikOto
Pikap Chevrolet yang Bersejarah untuk Honda. Foto: Istimewa Pikap Chevrolet yang Bersejarah untuk Honda. Foto: Istimewa
California - Honda Amerika merayakan hari jadinya yang ke-60 tahun dengan cara yang berbeda, yakni merestorasi sebuah mobil yang saat ini menjadi pesaing berat di negeri yang berjuluk Paman Sam tersebut.

Mobil itu adalah Chevrolet Apache 10, bukan tanpa alasan Honda melakukan perbaikan ulang secara utuh. Seperti dikutip dari Jalopnik, pada tahun 1959 Honda Amerika pada awalnya menjual sepeda motor kecil di California Selatan.

Pada masa itu, Honda belum memasarkan mobil. Untuk mendistribusikan motor, Honda mengandalkan pikap Chevy Apache 10.



Dalam keterangan resminya, pikap tersebut membantu Honda menjadi produk yang mulai diperhitungkan di AS. Hingga pada tahun 1965, Honda menjadi perusahaan motor paling laris di AS.

Pikap yang pertama kali mengirim motor Honda di Amerika. Pikap yang pertama kali mengirim motor Honda di Amerika. Foto: Istimewa


Oleh karena itu, Honda memberikan penghormatan kepada truk-truk tua yang terpercaya dengan merestorasi satu unit Chevrolet Apache 10 untuk merayakan ulang tahun ke-60 American Honda Motor Company.

Honda pun menjelaskan bagaimana cara memulihkan mobil dengan 160 tenaga kuda, mesin small-block V8 ini.



"Pikap setengah ton Chevy 1961 ditemukan dan dengan hati-hati direnovasi, meniru skema cat asli yang digunakan oleh salesman perusahaan yang mengirimkan sepeda motor ke dealer untuk dijual," tulis Honda dalam keterangan resminya.

"Truk itu diberi penyegaran mekanis ringan plus cat putih yang benar dari pabrik dan gambar yang dilukis dengan tangan seperti aslinya," tambahnya.

Sebagai pemanis, dua motor juga ditempatkan di belakang truk, yakni Honda 50 dan CB 160 yang digambarkan Honda sebagai "kesuksesan besar pertama di antara sepeda motor Honda yang dijual di AS". (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com