Senin, 10 Jun 2019 11:47 WIB

Perseteruan Ford dan Ferrari Diangkat ke Layar Lebar

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Penggila otomotif bakal disajikan cerita persaingan antara Ford dan Ferrari yang diangkat ke layar lebar. Berdasarkan kisah nyata tentang ambisi pabrikan Amerika Serikat, Ford, yang ingin mengalahkan mobil balap Ferrari di balap ketahanan 24 jam Le Mans.

Untuk mewujudkannya, Ford meminta pemodifikasi Carrol Shelby yang diperankan oleh Matt Damon. Untuk diketahui bahwa Shelby kini dikenal sebagai perancang Shelby Mustang buat Ford.



Dalam trailer pertama yang dibagikan, Shelby mengatakan bahwa untuk mengalahkan Ferrari tak hanya cukup membutuhkan dana yang besar tetapi juga butuh pebalap murni.

Christian Bale, yang berperan sebagai Ken Miles, keduanya bertugas mengalahkan Ferrari pada pertandingan legendaris Le Mans. Sebab pada saat itu, Ferrari adalah kekuatan dominan dalam acara motorsport, setelah memenangkan enam edisi berturut-turut sejak 1960 dan memegang rekor pabrikan dengan total sembilan kemenangan.

Cerita antara Henry Ford dan Enzo Ferrari, gagalnya negosiasi pembelian tim Kuda Jingkrak oleh Ford. Penolakan dari Enzo Ferrari membuat marah Henry Ford II yang kemudian bertekad mengalahkan skuat Maranello di balapan ketahanan paling akbar, Le Mans 24 Jam.



Film ini berfokus pada Ken Miles, seorang pembalap kelahiran Inggris, dan Caroll Shelby, orang yang bertanggung jawab untuk mengubah GT40 menjadi legenda Le Mans.

Dalam sejarahnya Ken Miles dan rekan setimnya, Denny Hulme, yang menggunakan GT40 Mk.II dengan mesin V8 7.000 cc, finis kedua di Le Mans 1966 setelah menyelesaikan 360 putaran.

Meski begitu, Ford tetap memenangi balapan dengan pebalap lainnya, Bruce McLaren dan Chris Amon, yang finish di posisi pertama menggunakan mobil sejenis.

Kemudian Le Mans di tahun 1966 merupakan momen pertama Ford memenangi lomba itu. Setelah itu Ford mampu menjadi petahana sebanyak empat kali berurutan pada 1967, 1968, dan 1969.

Century Fox telah berusaha membawa film berdasarkan persaingan antara Ford dan Ferrari pada 1960-an disutradarai James Mangold, bersama dengan penulis skenario Jez dan John-Henry Butterworth. "Ford v Ferrari" akan diputar di bioskop pada 15 November 2019.

[Gambas:Youtube]

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com