Kamis, 06 Jun 2019 19:24 WIB

Polisi Australia Mulai Pakai Mobil Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Victoria - Polisi di negara bagian Victoria, Australia menambah armada mobil patrolinya. Kini, armada Highway Patrol mereka menggunakan mobil listrik Tesla Model X Long Range.

Tak mengherankan jika polisi Australia menggunakan kendaraan performa terbaik. Tapi, Tesla Model X ini adalah mobil patroli yang akan berfungsi penuh dan digunakan di beberapa daerah di seluruh negara bagian.



Eksterior dari SUV bertenaga listrik ini dibaluri warna kuning, biru, dan putih. Ada juga bar cahaya kuning di atap, serta berbagai lampu strobo berkedip merah dan biru di depan.

Ada juga lampu LED berwarna di tepi pintu falcon wing ala Tesla Model X.

Tesla bekerja sama dengan Victoria Police dan sejumlah pemasok pihak ketiga untuk menjadikan mobil listriknya sebagai armada patroli polisi dengan penambahan semua peralatan yang dibutuhkan petugas patroli.



"Kendaraan ini tidak seperti armada Polisi Victoria lainnya dan bisa menjadi masa depan armada polisi di negara bagian ini, negara dan dunia," kata asisten komando polisi jalan raya Victoria, Stephen Leane.

"Penting untuk diingat bahwa ini adalah kendaraan konsep untuk Polisi Victoria dan kami mengakui bahwa itu akan menghasilkan sejumlah keadaan unik," ujarnya.

Saat ini, pasukan polisi di seluruh Australia menggunakan pilihan kendaraan yang berbeda untuk armada masing-masing, termasuk Kia Stinger, VW Passat, BMW Seri 5, BMW X5, Chrysler 300C, Holden Commodore, dan lainnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed