Kamis, 06 Jun 2019 09:11 WIB

Ban Anti-kempes Dijual Tahun 2024

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -

Ban tanpa angin telah dikembangkan selama beberapa tahun dan akhirnya akan bisa dipasang pada kendaraan sebentar lagi. General Motor (GM) bekerja sama dengan Michelin akan menguji ban UPTIS (Unique Puncture-proof Tire System) melalui mobil Chevrolet Bolts akhir tahun ini. Pengujian ban secara global ini dilakukan untuk mengembangkan ban ini sehingga GM dapat menggunakannya di ban mobil buatan mereka pada awal 2024 mendatang.

Ban tanpa angin ini memiliki sejumlah kehebatan seperti tidak bisa kempes atau mengalami kebocoran. Pengemudi juga tidak perlu khawatir tentang menjaga ban mereka benjol atau berurusan dengan keausan yang disebabkan oleh kurang atau berlebihnya tekanan angin.


Ban UPTIS juga dijanjikan ramah lingkungan karena mereka akan secara signifikan mengurangi jumlah ban yang bocor atau rusak sebelum mencapai batas umurnya. Selain itu dengan adanya ban ini, tidak ada lagi kebutuhan untuk menyiapkan ban serap saat berkendara.

GM juga mengatakan ban ini akan mengurangi penggunaan bahan baku, konsumsi energi dan emisi. Penurunan konsumsi energi ini disebabkan oleh kurangnya beban kendaraan dalam mengangkut ban serap.


Menurut Wakil Presiden Senior GM, Steve Kiefer, mereka senang bekerja sama dengan Michelin dalam teknologi dan siap untuk memasoknya di pasaran.

"Ban UPTIS sangat ideal untuk mendorong industri otomotif ke masa depan dan contoh yang bagus tentang bagaimana pelanggan kami mendapat manfaat ketika kami berkolaborasi dan berinovasi dengan mitra pemasok kami " ujar Kiefer.

Michelin memperkirakan bahwa sekitar 20% ban terbuang setiap tahun karena kebocoran atau keausan yang tidak teratur. Secara total, 200 juta ban dibuang setiap tahun dan itu satu ton limbah dapat dikurangi secara signifikan dengan teknologi ban tanpa angin ini.



Simak Juga 'Ada Ban Anti Paku di Gaza, Kok Bisa?':

[Gambas:Video 20detik]

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed