Kamis, 30 Mei 2019 14:38 WIB

Nyetir Mobil Masa Depan Bakal Canggih Gini

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Volvo Foto: Volvo
Jakarta - Volvo bekerja sama dengan perusahaan teknologi Finlandia, Varjo, pembuat headset augmented reality telah meluncurkan aplikasi realitas campuran pertama di dunia yang dirancang untuk pengembangan mobil.

Kedua perusahaan telah memungkinkan seseorang untuk mengendarai mobil sungguhan sambil mengenakan headset augmented reality. Teknologi dengan mulus menambahkan elemen virtual yang tampak nyata tidak hanya untuk pengemudi, tetapi juga sensor mobil. Penemuan terbaru mereka disebut Varjo XR-1.


"Dengan pendekatan realitas campuran ini, kita dapat mulai mengevaluasi desain dan teknologi di saat mereka masih dalam bentuk konsep," kata CTO Volvo, Henrik Green seperti dilansir Carscoops.

"Alih-alih cara statis yang biasa mengevaluasi produk dan ide baru, kita dapat menguji konsep di jalan segera. Pendekatan ini menawarkan penghematan biaya potensial yang cukup besar dengan mengidentifikasi prioritas dan mengatasi kemacetan jauh lebih awal dalam proses desain dan pengembangan. " tambahnya

XR-1 juga membanggakan teknologi pelacakan mata yang sangat akurat, memudahkan untuk menilai bagaimana driver menggunakan fungsionalitas baru dan apakah mereka terganggu oleh fitur-fitur baru atau tidak.

"Sejak awal, visi kami adalah menciptakan produk yang dapat secara sempurna menggabungkan yang nyata dan virtual bersama. Cara-cara yang sangat canggih di mana Volvo Cars menggunakan XR-1 menunjukkan bahwa teknologi Varjo memungkinkan hal-hal yang sebelumnya tidak mungkin.



Bersama dengan Volvo kami telah memulai era baru dalam realitas campuran profesional," kata pendiri dan CEO Varjo, Niko Eiden.

Volvo akan mendemonstrasikan headset Varjo XR-1 di Augmented Reality World Expo di Santa Clara, California, sementara paten telah diajukan untuk teknologi tersebut.

(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com