Rabu, 29 Mei 2019 19:03 WIB

Deretan Mobkas yang Paling Dicari Pemudik Jelang Lebaran

Ridwan Arifin - detikOto
Bursa mobil bekas. Foto: dok detikOto Bursa mobil bekas. Foto: dok detikOto
Jakarta - Momen lebaran tinggal menghitung hari, tradisi mudik menggunakan mobil pribadi menjadi satu hal yang tidak bisa dipisahkan masyarakat Indonesia. Walhasil pencarian di situs online, dan pembelian mobil bekas meningkat.

Berdasarkan data yang diberikan situs jual beli OLX, pencarian mobil bekas meningkat dibandingkan tahun lalu dalam periode yang sama. Peningkatan tersebut mencapai 28 persen, dari 1,075,000 menjadi 1,372,000 pencari. Puncak pencarian pun terjadi di minggu ke-2 Ramadan, sebanyak 11 persen.


SUV menjadi segmen mobil yang paling banyak dicari, di OLX. Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, kenaikan pencarian SUV selama Ramadan 2019 mencapai 21 persen. Selain SUV, pencarian di segmen Hatchback dan Sedan juga pengalami kenaikan sebanyak 16 persen, sementara MPV mencapai 17 persen.

Kendati demikian, segmen mobil Low MPV masih jadi idaman para pemudik.

"Data kami menyebutkan bahwa mobil bekas yang paling banyak dicari jelang mudik Lebaran tahun ini adalah Toyota Avanza dan mayoritas pencarinya berasal dari Bandung, Surabaya, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Bekasi," ujar Ivo Wassenaar, Head of Automotive OLX Indonesia.


"Sementara, untuk harga yang paling banyak dicari adalah Rp152,000,000," tambahnya.

Di pasar mobil bekas WTC Mangga Dua pun terjadi hal yang sama, memiliki sedikit kemiripan dengan data pencarian OLX. Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih berkata, LMPV saat ini sudah mulai ramai pemesanan. Tak terkecuali LCGC seperti Agya dan kawan-kawan.


"Saat ini sudah mulai ramai pasar mobil bekas mulai dari Calya, Agya, Avanza, Xpander, ya yang harganya Rp 150 juta ke bawah. Itu sudah banyak yang pesan untuk mereka yang ingin dibawa mudik atau lebaran," katanya kepada detikcom beberapa waktu yang lalu.

Berikut daftar mobil yang paling dicari berdasarkan data OLX:

MPV

1. Toyota Avanza
2. Toyota Kijang Innova
3. Daihatsu Xenia

SUV

1. Honda CR-V
2. Toyota Fortuner
3. Toyota Rush

Hatchback

1. Honda Brio
2. Toyota Yaris
3. Toyota Agya

Sedan

1. Honda City
2. Honda Civic
3. Toyota Corolla (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com