Selasa, 28 Mei 2019 15:09 WIB

Mercedes-Benz Jual Mobil Listrik 5 Bulan setelah Aturannya Rampung

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi mobil listrik Mercedes Foto: Pool (Top Gear) Ilustrasi mobil listrik Mercedes Foto: Pool (Top Gear)
Jakarta - Mercedes-Benz Indonesia bisa dikatakan menjadi salah satu merek mobil yang cukup serius dalam elektrifikasi kendaraannya. Bahkan perusahaan asal Jerman ini telah menginisiasi tren mobil listrik dengan membangun 2 charging station.

Namun lambannya pemerintah mempersiapkan regulasi menghambat penjualan dan kepemilikan mobil listrik di Indonesia. Dengan segala persiapan saat ini Mercedes-Benz Indonesia pun mengatakan bisa langsung memasarkan mobil listrik terhitung 5 bulan dari aturan disahkan.



"Untuk mobil listrik pada dasarnya sudah siap kita kan yang menginisiasi untuk misalnya charging station tapi kembali ke peraturan pemerintah. Di diler juga udah siapkan training. Sehingga jika itu peraturan siap, kita harapkan waktu 5-6 bulan siap jualan," papar Deputy Director Sales Operations & Product Management, PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto dalam acara buka bersama di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (27/5/2019).

Untuk mobil yang akan menjadi ujung tombak mobil listriknya, di Indonesia Mercedes-Benz akan memulai dengan Hybrid yang diimpor langsung.

"Kami akan mulai dengan CBU dulu, itu juga sebagai learning tim kami. Karena bisa belajar penanganan komponen dan sebagainya sebelum bisa rakit sendiri di sini," ungkap Kariyanto.

Sementara itu untuk mencapai harga yang lebih murah dengan produksi lokal, Mercedes-Benz Indonesia pun belum bisa memastikan kapan realisasinya.

"Target (lokalisasi) tak bisa tentukan karena kita perlu evaluasi juga komponen, kesiapan suplai, orangnya sendiri dan sebagainya, jelas Kariyanto. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com